Berita

Negara Termiskin di Asia Saat Ini

×

Negara Termiskin di Asia Saat Ini

Share this article

BENUA merupakan benua dengan , sekaligus benua dengan populasi terpadat di dunia. Luas wilayah benua ini mencapai 30% dari total luas daratan di dunia dengan populasi lebih dari 4,6 miliar jiwa.

Meski begitu setiap negara tentunya memiliki memiliki tingkat ekonomi yang berbeda. Ada sejumlah negara yang dianggap memiliki ekonomi baik, ada juga sejumlah negara lain yang dianggap miskin.

Menurut World Population Review, ada beberapa indikator dalam mengukur tingkat ekonomi suatu negara yang salah satunya menggunakan jumlah pendapatan per kapita atau dikenal sebagai Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

PDB per kapita merupakan total PDB suatu negara yang dibagi dengan jumlah penduduk dari negara tersebut. Dengan begitu, tingkat PDB per kapita ini dinilai cukup akurat dalam melihat kualitas kesejahteraan penduduk dari aspek ekonomi.

Lantas negara di Asia mana saja yang memiliki PDB per kapita paling rendah? Berikut daftar negara termiskin di Asia.

1. Afganistan

Afganistan merupakan negara termiskin di Asia dengan PDB per kapita US$ 508 atau sekitar Rp 7,62 juta. Hal ini dapat terjadi lantaran Afghanistan mengalami konflik bersenjata, pemerintah, dan ketidaksetaraan pendapatan yang produktif.

2. Korea Utara

Korea Utara merupakan salah satu negara paling tertutup di dunia. Karenanya cukup sulit untuk benar-benar mengetahui kondisi ekonomi di negara itu.

Namun untuk saat ini Korea Utara diperkirakan memiliki pendapatan per kapita US$ 642 atau sekitar Rp 9,36 juta. yang terjadi di negara ini dipengaruhi oleh pemerintahan yang buruk dan hampir tidak ada pasar bebas di sana.

3. Yaman

Yaman memiliki pendapatan per kapita US$ 824 atau sekitar Rp 12,36 juta. Kemiskinan yang melanda negara sebagian besar disebabkan adanya , korupsi, dan ketidakmampuan mengurus ekonomi. Tercatat, sekitar 79% penduduk hidup di bawah garis kemiskinan dan 65% tergolong sangat miskin.

4. Tajikistan

Tajikistan memiliki PDB per kapita US$ 859 atau sekitar Rp 12,88 juta. Kemiskinan Tajikistan berasal dari kurangnya infrastruktur yang menghambat perekonomian negara dan saudara yang menghancurkan sejumlah sekolah di negara tersebut.

5. Suriah