Wisata

Danau Sentarum, Pesona dari Keterasingan

55
×

Danau Sentarum, Pesona dari Keterasingan

Share this article

KALIMANTAN BARAT, salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya yang memukau. Di tengah-tengah hutan belantara dan sungai-sungai yang mengalir deras, terdapat sebuah permata tersembunyi yang dikenal sebagai .

Danau ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga melindungi berbagai liar yang langka dan unik. Mari kita jelajahi keindahan alam Danau Sentarum yang memukau ini.

Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Danau Sentarum merupakan salah satu danau terbesar di Kalimantan Barat. Danau ini sebenarnya merupakan kompleks dari berbagai danau dan rawa-rawa yang terhubung satu sama lain oleh aliran sungai-sungai kecil.

Saat musim hujan tiba, air dari sungai-sungai tersebut meluap dan membentuk luasnya danau, sementara pada musim kemarau, air akan surut dan membentuk rawa-rawa yang luas.

Keindahan alam Danau Sentarum tak terbantahkan. Ketika matahari terbit atau terbenam, langit danau terpantulkan dalam air dengan sempurna, menciptakan pemandangan yang luar biasa indah. Air yang jernih dan tenang memantulkan hutan-hutan hijau di sekitarnya, menciptakan kesan sebuah surga tersembunyi di bumi.

Tidak hanya itu, Danau Sentarum juga terkenal dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Danau ini menjadi rumah bagi lebih dari 240 spesies ikan yang berbeda, termasuk ikan lumba-lumba air tawar (irrawaddy dolphin) yang langka. Perairan danau juga dihuni oleh buaya, ular, dan berbagai jenis hewan air lainnya. Keanekaragaman hayati Danau Sentarum membuatnya diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh pada tahun 1999.