Daerah

Pengurus Himapindo Provinsi Riau Dikukuhkan

×

Pengurus Himapindo Provinsi Riau Dikukuhkan

Share this article

BuliranNews, PEKANBARU –  Ketua umum Himpunan Muda Indonesia () Budiyanto, pada Jumat (15/10) melantik secara resmi ketua BPD Himapindo Provinsi Hendra Eka Saputra. Pelantikan itu dilaksanakan di Aula SMK Masmur Pekanbaru, Riau.

Kegiatan tersebut juga dibarengi dengan pelantikan dan Rakerwil BPH (Badan Pengurus Harian) serta Deklarasi BPD (Badan Pengurus Daerah) Himapindo 9 Kabupaten/Kota dan Webinar Nasional Entrepreneurship Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Wakil Gubernur Riau, Anggota perwakilan Riau, Kapolda Riau, Danrem 0301/Wira Bima, LAM Riau, Pengurus Kadin, Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Riau dan lain sebagainya, Budiyanto menyebutkan bahwa Himapindo Riau harus segera bergerak untuk melaksanakan program kerja yang telah dibuat.

”Dengan menjadi bagian dari keluarga besar Himapindo, tentunya ada tugas dan tanggungjawab yang harus kita pikul yaitu bagaimana menggerakan ekonomi di kalangan masyarakat sehingga bergerak naik meskipun saat ini kita dihadapkan pada persoalan pandemi Covid-19 yang belum selesai,” ujar Budiyanto dalam paparannya.

Dia juga menyebutkan, untuk melangkah menjadi , maka sektor ekonomi harus digerakkan dengan lebih baik dengan rasio jumlah pengusahanya minimal di angka 7 persen dari populasi penduduk di satu negara.

“Untuk Indonesia , ini tentu tugas berat namun bukan tidak mungkin dilaksanakan. Saat ini, rasio pengusaha di persada Indonesia baru di kisaran 3 persen. Kebanyakan dari pengusaha itu, bergerak di sektor UMKM,” katanya menjelaskan.

Himapindo yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa berupaya untuk bisa secara aktif turut dalam pergerakan peningkatan perekonomian nasional. Apalagi, yang namanya mahasiswa tentunya memiliki pola pikir dan inovasi yang lebih baik dari masyarakat kebanyakan.

“Himapindo Riau dan juga provinsi lainnya di Indonesia, harus mengambil peran dalam membangun ,” imbuhnya.

Misharti selaku legislator asal Riau yang juga didaulat sebagai pembina Himapindo Riau, dalam kesempatan itu mengatakan, DPD berharap agar generasi muda Riau mempunyai pola pikir maju ke depan.

“Mahasiswa jangan selalu berpikir bagaimana caranya menyelesaikan kuliahnya saja, tetapi setelah kuliah mereka harus bisa berpikir bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi entrepreneur muda,” ucapnya.

Misharti berharap, keluarga besar Himapindo Propinsi dan Kabupaten/Kota yang ada di Riau, bisa bekerjasama dan saling mendukung antara satu dengan lainnya.

“Himapindo harus menjadi pengusaha yang tangguh, tahan banting dan bermental baja. Satu lagi yang harus diingat, kalau ingin menjadfi pengusaha yang berhasil, jangan mudah menyerah,” katanya memberi motivasi.

Wakil Gubernur Riau, Edy Afrizal Natar Nasution menambahkan, atas nama pemerintah daerah , dia menyambut baik kehadiran Himapindo di Bumi Lancang Kuning.

“Dalam situasi perekonomian yang belum pulih, tentunya kehadiran Himapindo bisa menjadi jawaban mengatasi persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Himapindo jelas memberi harapan dan tentunya bisa bersama pemerintah membangun Provinsi Riau,” ucapnya.

Himapindo yang merupakan gabungan dari beragam komunitas mahasiswa mulai dari kader HMI, PMII dan lain sebagainya, tentu memiliki sebuah kekuatan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Karena itulah, perubahan pun diharapkan lahir dari organisasi ini.

“Kami berharap generasi muda ke depan bisa memainkan perannya dan juga ikut menggairahkan perekonomian khususnya di Provinsi Riau, syukur syukur bisa memberi dampak pada perekonomian di tingkat nasional,” katanya menambahkan.

Hendra Eka Saputra selaku ketua Himapindo Riau, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya saat ini lebih fokus pada kaderisasi organisasi terlebih dahulu.

“Sebagai organisasi baru, tentunya keterbatasan SDM menjadi sebuah persoalan. Karena itu, Himapindo Riau akan melaksanakan rekruitmen kader dari komunitas mahasiswa dan perguruan tinggi lainnya yang ada di Provinsi Riau,” katanya menjelaskan.

Secara ringkas, Hendra menyebutkan, dalam waktu dekat Himapindo Riau akan mendirikan cafe bagi mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi yang ada. Dengan cafe tersebut yang dikelola oleh mahasiswa dan diperuntukkan juga bagi mahasiswa.

“Tahap awal, cafe akan didirikan di sekretariat Himapindo. Ke depan, kami juga berencana mendirikan Bank Koperasi Syariah. Bank mini ini bisa dimanfaatkan pengurus dan juga anggota yang permodalannya didukung BMT,” imbuhnya. (adri)