Wisata

Pulau Terluar, Destinasi Cantik di Perbatasan

×

Pulau Terluar, Destinasi Cantik di Perbatasan

Share this article

MENGUTIP dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pulau- Terluar (PPKT) adalah pulau-pulau kecil seluas kurang lebih 2.000 km persegi, dan memiliki titik dasar koordinat geografis yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan dan nasional. Dengan kata lain, Indonesia masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Meski tergolong sulit dijangkau, ternyata hampir setiap destinasi memiliki pesona keindahan alam yang tak patut dianggap remeh. Saking indahnya, pulau terluar kerap dianggap sebagai surga di perbatasan Indonesia.

Berikut 6 destinasi pulau terluar di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya:

Pulau Natuna

Sampai saat ini, Pulau Natuna masih menjadi salah satu destinasi pulau terluar Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bagian dari Provinsi yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, Pulau Natuna memiliki destinasi wisata yang eksotis.

Jika ingin wisata pantai, Sobat Parekraf bisa mengunjungi Pantai Teluk Buton dan Pantai Sahi di Pulau Natuna. Kalau ingin island hopping, kita bisa mengunjungi Pulau Senua yang terkenal dengan pusat konservasi penyu dan wisata edukasi. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, kita juga berkesempatan snorkeling melihat ratusan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Pulau Marampit

Destinasi wisata pulau terluar Indonesia lainnya adalah Pulau Marampit, Sulawesi Utara. Memiliki luas 12 kilometer persegi, pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina ini memiliki tiga kampung, yaitu Kampung Marampit, Kampung Laluhe, dan Kampung Dampulis.

Meski berada di ujung Indonesia, potensi wisata Pulau Marampit tidak patut dipandang sebelah mata. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau terluar satu ini. Mulai dari wisata pantai seperti menyelam dan jelajah pulau, melihat langsung flora dan fauna endemik, hingga wisata sejarah mengunjungi benteng karst peninggalan Kerajaan Bantek.

Pulau Rote

Selanjutnya adalah Pulau Rote, pulau paling terluar Indonesia terletak di Perairan Laut Sawi, dan berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Dikenal sebagai pulau paling selatan Indonesia, Pulau Rote identik dengan pantai-pantai yang tiada dua.

Salah satunya adalah Pantai Nemberala. Pantai berpasir putih ini menjadi destinasi wisata incaran wisatawan yang hobi berselancar. Pasalnya, spot berselancar terbaik di Pulau Rote ini memiliki gulungan ombak setinggi 7 meter yang menantang.