Berita

Nineveh, Jejak Kota Kuno Terbesar di Dunia

×

Nineveh, Jejak Kota Kuno Terbesar di Dunia

Share this article

SEJARAH mencatat, dulunya adalah sentral dalam peradaban Mesopotamia abad ke-14 sampai ke-7 sebelum Masehi. Kini, lokasinya merupakan wilayah Irak dan sebagian Turki.

Temuan ukuran batu mengenai Nineveh berusia 2.700 tahun. Hal-hal yang digambarkan di sana adalah taktik militer bangsa Assyria, raja, pengadilan, utang, pegunungan, dan peristiwa .

Direktur Museum Penn dan Profesor Humaniora University of Pennsylvania, Christoper Woods mengaku takjub dengan penemuan ini.

“Temuan ini memperkaya data dan pemahaman terhadap sejarah Assyria Baru di Mesopotamia kuno,” kata dia, dikutip dari The Daily Penn.

Selain itu, arkeolog juga menemukan tujuh lapisan marmer yang menyelimuti temuan ukiran tersebut. Benda-benda ini ditemukan di monumen bersejarah gerbang Mashki, yakni salah satu dari 5 jalur masuk ke Kota Nineveh.

Pada 6.000 hingga 3.000 SM, Nineveh menjadi lokasi penting untuk menyembah Ishtar, yaitu dewi perang dan cinta Mesopotamia. Nineveh bahkan dijuluki sebagai Rumah Ishtar.

Para peneliti yakin, pada 1.813 bangsa Assyria mulai berkuasa di sana. Kemudian, raja Assyria baru menjadikan kota ini sebagai pusat perdagangan.