Berita

Raja Brunai Ternyata Raja Muslim Terkaya di Dunia

×

Raja Brunai Ternyata Raja Muslim Terkaya di Dunia

Share this article

RAJA Arab Saudi, Salman bin Abadulazis bin Saud ternyata bukan raja muslim yang terkaya di dunia.

Meski negara yang dia pimpin dikenal sebagai satu penghasil minyak bumi terbesar di dunia, harta Raja Salman masih kalah dibandingkan dengan raja dari Brunei dan Thailand.

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah tercatat memiliki kekayaan senilai US$ 28 miliar (Rp 438 triliun), Hassanal Bolkiah menduduki peringkat raja terkaya kedua di dunia setelah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang memiliki kekayaan US$ 43 miliar, sekaligus raja muslim yang memiliki kekayaan terbanyak di dunia saat ini.

“Sultan Brunei, … memiliki perkiraan kekayaan bersih U$28 miliar,” tulis VisualCapitalist yang merujuk The Business Standard 2018, dikutip Minggu (17/3).

Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Wad'daulah ibni Omar Ali Saifuddien Sa'adul Khairi Waddien

“Sebagian besar kekayaan ini bersumber dari investasi minyak dan gas-sektor ini merupakan penopang perekonomian negara, dan setengah dari PDB Brunei bergantung pada pendapatan minyak,” tambahnya.

“Sang raja suka menghabiskan kekayaannya untuk beberapa kemewahan, termasuk koleksi besar 7.000 mobil senilai lebih dari US$5 miliar dan beberapa ,” jelas laman itu lagi.