Headline

Suhu Udara Brasil Capai 62 Derajat Celcius

×

Suhu Udara Brasil Capai 62 Derajat Celcius

Share this article

GELOMBANG dirasakan oleh Brasil. Bayangkan, warganya terpanggang dengan suhu 62C.

sedang melanda beberapa wilayah di dunia. Dua di antara yang parah adalah Brasil dan Sudan Selatan.

Bahkan di negara-negara tersebut, warga berbondong-bondong ‘ngadem' di pantai dan anak sekolah diliburkan.

Dewan Kota Rio de Janeiro, Brasil, melaporkan bahwa gelombang panas telah mengakibatkan suhu panas melanda kota tersebut yakni Guaratiba.

Tak tanggung-tanggung, suhu panas yang melanda adalah rekor baru yang tercatat sejak 2014.

Rekor suhu yang tercatat yakni mencapai 62,3 derajat Celsius.

Suhu yang sangat panas dicatat oleh Sistem Peringatan Rio di stasiun Guaratiba, di sisi barat kota, pada pukul 9.55 pagi waktu setempat.

Ini adalah pertama kalinya suhu mencapai 62,3 derajat Celcius sejak Rio Alert System mulai melakukan pengukuran pada 2014. Rekor sebelumnya terjadi pada bulan November ketika suhu mencapai 59,7 derajat Celcius.

Warga Berbondong-bondong ke Pantai

Pihak berwenang di kota Rio de Janeiro telah mengeluarkan peringatan . Hal ini karena, panas yang menyengat dikhawatirkan akan berdampak terhadap kesehatan warga.

Meski begitu, banyak warga yang justru bergegas ke pantai untuk menenangkan dan mendinginkan diri di tengah panas yang menyengat.

“Saya sangat khawatir keadaan akan menjadi lebih buruk, karena populasi meningkat pesat dan penggundulan hutan sangat tinggi akibat peningkatan perumahan,” kata Raquel Correia, asisten administrasi kota, dikutip dari Al Jazeera.