Berita

Sekutu Israel Setop Pasokan Senjata

×

Sekutu Israel Setop Pasokan Senjata

Share this article

KORBAN sipil terus meningkat di – saat ini mencapai lebih dari 31.000 orang tewas dan ribuan lainnya terjebak di bawah reruntuhan dan diperkirakan tewas dalam lebih dari lima bulan pemboman dan invasi darat.

Itu menggugah negara-negara untuk tidak lagi mengirimkan senjata ke .

Meningkatnya jumlah memicu kecaman internasional dari kelompok kemanusiaan dan masyarakat sipil dalam bentuk pernyataan, protes dan tuntutan hukum yang diajukan terhadap negara-negara yang diduga memberikan dukungan militer kepada Israel.

Berikut deretan negara yang ke Israel :

1.

Melansir Al Jazeera, Kanada akan menghentikan semua pengiriman senjata ke Israel,

Menteri Luar Negeri Melanie Joly, sehari setelah House of Commons mengeluarkan mosi tidak mengikat untuk menghentikan penjualan senjata.

“Ini adalah hal yang nyata,” kata Joly kepada surat kabar Toronto Star.

Kanada bergabung dengan Belanda, Jepang, Spanyol dan Belgia dalam menangguhkan penjualan senjata setelah serangan militer brutal Israel di Gaza.

Banyak negara lain mengatakan mereka tidak akan lagi membeli .

Namun beberapa negara Barat terus memasok ke Israel meskipun jumlah korban jiwa sangat besar dan kelaparan akan segera terjadi.

2. Belanda

Pengadilan telah memerintahkan pemerintah untuk memblokir semua ekspor suku cadang jet tempur F-35, yang digunakan Israel untuk mengebom Jalur Gaza pada beberapa waktu lalu.

Keputusan tersebut merupakan hasil gugatan yang diajukan organisasi kemanusiaan

Belanda Oxfam Novib, PAX Netherland Peace Movement Foundation, dan The Rights Forum terhadap pemerintah.

Kekhawatiran yang dikemukakan dalam gugatan ini tumpang tindih dengan permasalahan yang sedang dipertimbangkan oleh Mahkamah Internasional (ICJ) dalam kasus apartheid Selatan melawan Israel.

“Tidak dapat disangkal bahwa terdapat risiko yang jelas bahwa suku cadang F-35 yang diekspor digunakan untuk melakukan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional,” demikian isi putusan pengadilan.

3. Belgia.

Di Belgia, pemerintah regional mengatakan pihaknya menangguhkan dua izin ekspor mesiu ke Israel pada tanggal 6 Februari.