Headline

Junta Militer Niger Usir Tentara Amerika

×

Junta Militer Niger Usir Tentara Amerika

Share this article

NIGER di bawah , telah mencabut perjanjian kerja sama militer dengan Amerika Serikat (AS) dan memerintahkan pasukan Washington untuk dari negara Barat tersebut.

Ketua Kepala Staf Gabungan atau Panglima Militer Amerika Jenderal Charles Brown telah merespons pengusiran sekitar 1.000 tentaranya.

Jenderal Brown, dalam konferensi pers di Jerman pada hari Selasa, mengatakan AS sedang mempertimbangkan opsi lain di negara-negara Afrika Barat lainnya untuk menampung pasukan Amerika dan mendukung operasi kontra-terorisme setelah Niger memerintahkan pasukan Washington untuk hengkang.

Menurutnya, operasi kontra-terorisme di kawasan tersebut dipengaruhi oleh penggulingan pemerintah Niger melalui kudeta militer tahun lalu.

“Sejak kejadian di bulan Juli, hal ini berdampak pada kemampuan kami untuk mendukung kontra-terorisme dan ketika kami menatap masa depan, kami akan terus melihat ke negara-negara lain di Afrika Barat,” katanya, seperti dikutip The Hill, Rabu (20/3).

Pada akhir pekan, junta militer di Niger mencabut perjanjian kerja sama militer dengan AS—pakta yang memberikan pasukan Amerika basis operasi besar untuk memerangi kelompok teroris di wilayah tersebut.

memerintahkan sekitar 1.000 di negara itu untuk pergi dan Pentagon minggu ini mengatakan pihaknya kini bekerja melalui saluran diplomatik untuk memberikan klarifikasi mengenai masalah tersebut.