Berita

5 Bandara di Indonesia Terima Penghargaan

×

5 Bandara di Indonesia Terima Penghargaan

Share this article

KABAR baik diterima di tanah air di pertengahan semester pertama tahun 2024 ini.

Dimana sejumlah bandara di Indonesia meraih penghargaan kategori bandara dengan staf paling berdedikasi di dunia versi Airport Service Quality (ASQ) 2023.

Sebagai informasi, penghargaan ASQ ialah penghargaan yang dibuat setiap tahun oleh organisasi Airports Council International (ACI) yang bermitra dengan perusahaan teknologi Amadeus.

“Penghargaan ini mengakui lima persen bandara teratas berdasarkan wilayah dari Program Utama Keberangkatan,” dikutip dari laman resmi Airports Council International, Rabu (20/3).

Penghargaan yang diberikan oleh ACI merupakan hasil survei kepuasan penumpang bandara terkemuka di dunia dengan melibatkan lebih dari 400 bandara yang berpartisipasi di 109 negara.

Ada empat kategori baru penghargaan ASQ yang dikenalkan oleh ACI pada 2022.

Di antaranya ada kategori pelayanan terbaik, kebersihan, dan perjalanan bandara yang mudah dan menyenangkan bagi pelanggan.

Khusus kategori bandara dengan pelayanan terbaik ASQ 2023 di Pasifik, lima bandara di Indonesia berhasil masuk kategori teratas, berikut daftarnya:

1. Bandara Internasional Adi Soemarmo (Surakarta)

2. Bandara Internasional Sultan Aji Sulaiman Sepinggan (Balikpapan)

3. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Ujung Pandang)

4. Bandara Supadio (Pontianak)

5. Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta)

Kriteria Kelayakan ASQ

Bandara yang memenuhi syarat untuk menerima penghargaan ACI ASQ harus menjadi peserta aktif dalam program survei tipe utama ACI ASQ.