Berita

Menyigi Negara dengan Zona Waktu Terbanyak

×

Menyigi Negara dengan Zona Waktu Terbanyak

Share this article

mengacu pada suatu wilayah geografis yang berfungsi untuk kepentingan hukum, komersial, hingga sosial suatu negara.

Meskipun begitu, perbedaan zona waktu dalam suatu negara bisa beragam jumlahnya. Misalnya, Indonesia yang memiliki 3 zona waktu, WIB, WIT, dan WITA.

Nah, menurut versi Jagran Josh, inilah yang ada di dunia!

Prancis

Prancis adalah negara di dunia yang punya zona waktu terbanyak pertama, yakni sebanyak 12 zona waktu. Wilayah dengan ke-12 zona waktu berbeda itu antara lain Kepulauan Society, Tuamotus, Kepulauan Austral (UTC-10); Kepulauan Marquesas (UTC-9.30); Kepulauan Gambier (UTC-9); Kepulauan Clipperton (UTC-8); Guadeloupe, Martinique, Saint Barthelemy, Saint Martin (UTC-4); French Guiana, Saint Pierre dan Miquelon (UTC-3); Prancis (UTC+1); Mayotte, Kepulauan di Samudra Hindia (UTC+3); Reunion, Kepulauan Crozet (UTC+4); Kepulauan Kerguelen, Saint Paul dan Kepulauan Amsterdam (UTC+5); (UTC+11); Wallis dan Futuna (UTC+12).

Prancis sendiri adalah negara yang terkenal dengan kulinernya, mulai dari beef bourguignon, coq au vin, tarte Tatin, anggur, keju, dan banyak hidangan istimewa lainnya.

Itulah yang membuat kuliner Prancis masuk dalam daftar tak benda pada 2010.

Rusia adalah negara dengan zona waktu terbanyak berikutnya, yakni dengan 11 zona waktu. Ke-11 zona waktu berbeda itu antara lain, zona waktu Kalinigrad (UTC+2), zona waktu Moskow (UTC+3), zona waktu Samara (UTC+4), zona waktu Yekaterinburg (UTC+5); zona waktu Omsk (UTC+6), zona waktu Krasnoyarsk (UTC+7), zona waktu Irkutsk (UTC+8), zona waktu Yakutsk (UTC+9), zona waktu Vladivostok (UTC+10), zona waktu Magadan (UTC+11), dan zona waktu Kamchatka (UTC+12).