Kehidupan

Ayo Lepaskan Kekecewaan Masa Lalu dengan Cara Berikut

×

Ayo Lepaskan Kekecewaan Masa Lalu dengan Cara Berikut

Share this article

Terkadang kita tidak sadar sedang menetapkan harapan secara berlebihan terhadap diri sehingga mudah kecewa dan ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan.

Bukan berarti kita bisa menjalani hidup dengan seenaknya dan mengalir saja tanpa tujuan, tapi kita hanya perlu belajar menetapkan ekspetaksi yang realistis. Caranya adalah menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Lalu bagaimana caranya agar tidak perlu bertahan dengan sehingga bisa merasa ikhlas dan bahagia menjalani ? Ini beberapa hal yang bisa dibangun mulai saat ini.

1. Jangan Larut dengan Masa Lalu

Ketika hati masih menyimpan perasaan negatif seperti marah, tidak terima, tidak ikhlas, protes atau belum mampu legowo menerima kenyataan, maka akan sulit menetapkan ekspektasi yang realistis karena kamu masih terikat oleh harapanmu yang tidak tercapai.

Kekecewaan akan tetap berada di hati jika masih tenggelam dengan emosi masa lalu.

Jika sudah bisa mengakui apa yang terjadi, melepaskan bebannya, dan mengatasi kesulitanya, saat itulah kamu bisa belajar untuk tak mengulangi hal yang sama dan belajar menurunkan ekspektasi yang ketinggian.

2. Latih Pikiran untuk Realistis

Agar tak perlu kecewa dan bersedih hati, hal yang harus dikuasai adalah belajar berpikir realistis dan bicara secara positif terhadap diri sendiri.

Pikiranmu bisa membuatmu merasa lebih baik atau justru lebih buruk. Jadi jika kamu merendahkan diri sendiri, maka rasa rendah diri juga yang akan kamu dapatkan.

Tapi jika kamu mampu menghibur, menenangkan, menyemangati dan memuji diri sendiri atas proses hidup yang dijalani, maka kamu pun akan merasa lebih ringan, puas dan bahagia menjalani hari. Jadi bersikaplah realistis dan positif.

3. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Tak perlu buru-buru karena kamu punya timeline hidupmu sendiri.

Apa yang kamu kejar memang butuh usaha maksimal, tapi bukan berarti bisa menuntut diri sendiri secara berlebihan.

Beri waktu untuk diri sendiri melakukan segalanya, menjalani proses bahkan belajar kesalahan.

Tetapkan tujuan dan tenggat waktu menyelesaikan sesuatu, kamu bisa belajar disiplin memenuhi janjimu sendiri, tapi jika memang ada hal-hal yang terjadi di luar kendali, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri.