Headline

Seluruh Pangkalan Militer Amerika Kirim Senjata ke Israel

×

Seluruh Pangkalan Militer Amerika Kirim Senjata ke Israel

Share this article

ENTAH mana yang lebih biadab dan Amerika. Saat Israel membunuhi warga tak berdosa di , Amerika justru memasok senjata ke negeri zionis itu.

Surat kabar Israel Haaretz melaporkan terjadinya lonjakan transfer senjata dari Amerika Serikat (AS) ke Israel sebagai hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan kedua negara.

Haaretz menggambarkan lonjakan transfer senjata itu dalam frasa ‘jembatan udara dan laut yang belum pernah terjadi sebelumnya' dalam sejarah Israel.

Khaberni melaporkan, tujuan transfer senjata itu bertujuan untuk memasok senjata AS kepada negara pendudukan tersebut untuk mendukung operasi militer di Jalur Gaza.

Menurut Haaretz, jembatan ini melibatkan setidaknya 100 penerbangan yang berasal dari pangkalan AS di seluruh dunia.

Selain itu, ada pelibatan ratusan penerbangan yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran udara dan laut, yang merupakan operasi pasokan militer berkelanjutan lima bulan setelah dimulainya di Gaza.

Data pelacakan penerbangan, yang diandalkan Haaretz, menunjukkan bahwa 140 pesawat angkut militer telah tiba di Israel sejak perang dimulai, termasuk sekitar 70 pesawat C-17 milik Angkatan Udara AS, yang sebagian besar mendarat di pangkalan udara Nevatim di Gurun Negev.

Selain itu, senjata dan amunisi tambahan tiba dengan 150 kapal kargo via jalur perairan laut.

Laporan media AS juga mengungkapkan, Israel telah mendapat suplai dengan senjata dan amunisi dalam 100 operasi rahasia sejak awal perang, termasuk puluhan ton 155 mm, puluhan ribu bom berpemandu, udara-ke-darat model ‘Hellfire' dan drone.

“Menurut anggota parlemen, pemerintahan Presiden AS memilih untuk tidak memberi tahu Kongres tentang operasi ini karena harga barang-barang tersebut relatif rendah, sehingga mengecualikan mereka dari prosedur yang diperlukan,” tulis laporan tersebut menjelaskan kalau prosedur pengiriman ini tidak melalui Kongres AS.