Kesehatan

Kenali, Ini Penyebab Lemak Menumpuk di Perut

×

Kenali, Ini Penyebab Lemak Menumpuk di Perut

Share this article

, ternyata dapat meningkatkan risiko masalah yang serius, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Namun, apa penyebab di perut? Ternyata, adalah faktor genetik, dan perubahan hormon.

Pertambahan usia juga akan mengubah distribusi lemak sehingga cenderung menumpuk di perut, daripada di tangan dan kaki.

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab lemak menumpuk di perut berikut ini.

Disarikan dari Medical Today dan Verywell Fit, berikut adalah beberapa penyebab lemak menumpuk di perut yang perlu diketahui.

Kebiasaan makan yang tidak sehat

Mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar dapat meningkatkan berat badan dan penumpukan lemak di area perut.

Kebiasaan mengonsumsi atau minuman tinggi gula dan makanan yang diproses adalah penyebab berat badan naik, obesitas, serta dapat menurunkan metabolisme tubuh.

Jarang

Jarang berolahraga dapat menyebabkan obesitas dan peningkatan kadar lemak tubuh.

Tidak hanya membuat tubuh menyimpan kelebihan lemak, jarang berolahraga juga akan membuat Anda lebih sulit untuk mulai melakukan olahraga.

Kebiasaan minum minuman beralkohol

Kebiasaan minum minuman beralkohol tidak hanya akan berbahaya untuk kesehatan, tetapi juga meningkatkan risiko obesitas.

Bahkan, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan sudah terbukti dapat meningkatkan kadar lemak visceral, atau lemak perut.

Stres Saat merasa stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang juga akan berdampak negatif pada sistem metabolisme.

Selain itu, stres juga membuat seseorang makan lebih banyak sehingga jumlah akan meningkat.

Genetik

Faktor genetik sudah terbukti dapat memengaruhi risiko obesitas pada seseorang.

Faktor genetik ini dipercaya oleh beberapa ahli dapat memengaruhi perilaku, metabolisme tubuh, dan risiko mengalami penyakit akibat obesitas.

Kurang tidur

yang terlalu singkat sudah terbukti dapat meningkatkan lemak visceral.

Selain itu, kurang tidur juga akan meningkatkan keinginan untuk makan dan kebiasaan makan yang tidak sehat sehingga bisa membuat lemak menumpuk di perut.

Kebiasaan merokok

Orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada mereka yang tidak merokok.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa indeks massa tubuh yang lebih rendah tetap membuat para perokok memiliki kadar lemak visceral lebih besar.