Dunia Satwa

Danionella, Si Kecil Bersuara Melebihi Pesawat

×

Danionella, Si Kecil Bersuara Melebihi Pesawat

Share this article

IKAN asal Myanmar bernama Danionella memiliki suara yang lantang. Tapi, ukurannya sangat kecil.

Suaranya bahkan lebih lantang ketimbang pesawat.

Ikan bernama Danionella ini hanya memiliki panjang kurang dari satu inci.

Danionella yang termasuk dalam keluarga kecil ikan mas dapat mengeluarkan vokal yang lebih lantang dari suara pesawat lepas landas.

Danionella cerebrum adalah dan tembus cahaya yang pertama kali ditemukan pada tahun 2021 di aliran pegunungan yang dangkal dan keruh di Myanmar selatan dan timur. Ia memiliki otak vertebrata terkecil.

Udang kecil dapat mengeluarkan suara letupan hingga 250 desibel, sedangkan gajah besar menggunakan belalainya untuk mengeluarkan suara hingga 125 desibel.

“Ikan kecil ini dapat menghasilkan suara lebih dari 140 desibel pada jarak 10 hingga 12 milimeter [sekitar 0,4 inci],” kata Ralf Britz, rekan penulis studi dan ahli ikan di Senckenberg Natural History Collections di Jerman.

“Ini sebanding dengan suara yang dirasakan manusia saat pesawat lepas landas pada jarak 100 meter dan sangat tidak biasa bagi hewan berukuran kecil seperti itu,” sambungnya.

Asal suara Danionella berasal dari alat penghasil suara yang membantu mereka berkomunikasi satu sama lain melalui perairan keruh.