Politik

Anak Gagal Jadi Dewan, Kades Pecat Puluhan RT & RW

×

Anak Gagal Jadi Dewan, Kades Pecat Puluhan RT & RW

Share this article

ENTAH apa yang ada di kepala seorang Kades desa di Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten.

Sang kepala desa memecat 21 ketua RT dan 6 ketua RW. Pemberhentian secara sepihak itu dilakukan kades berinisial TS karena anaknya gagal menjadi Kabupaten Tangerang.

“Jadi yang saya tangkap, memang betul, kepala desa itu faktor karena anaknya dirasa kurang mendapatkan dukungan dari RT dan RW di sana,” kata Camat Sindang Jaya Galih Prakosa, Sabtu (9/3).

Pihak kecamatan telah meminta keterangan dari para ketua RT dan RW yang diberhentikan Kades berinisial TS tersebut.

TS yang merasa anaknya kurang mendapat dukungan dalam lalu memecat 21 ketua RT dan 6 ketua RW itu.

‘Kita sudah klarifikasi mendengar apa saja yang terjadi, mendengarkan dari ketua RT dan ketua RW. Itu dua hari kemarin ketemu. Jadi ini ekses dari pencalonan anaknya kades,” ucapnya.

Pihak kecamatan juga sudah memanggil TS untuk dimintai klarifikasi usai memecat 20 orang lebih pengurus wilayah tersebut.

Galih menjelaskan keputusan TS memecat 21 ketua RT dan 6 ketua RW tak sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tangerang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa.

“Di situ diatur mekanisme pemberhentian RT dan RW. Saya jelaskan bahwa langkah pemberhentian yang dilakukan kepala desa itu cacat administrasi karena di luar koridor dari perbub itu,” ujar dia.