Berita

Deretan Kota – Kota Terpadat di Dunia

×

Deretan Kota – Kota Terpadat di Dunia

Share this article

TERNYATA, lebih dari setengah populasi dunia atau sekitar 55% tinggal di kota-kota, dan perkiraan menyebutkan bahwa pada tahun 2050, angka tersebut akan melonjak menjadi 68 persen, menurut Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial.

Dengan terus berlanjutnya urbanisasi di seluruh dunia, beberapa negara akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Antara tahun 2018 dan 2050, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan bahwa 35 persen urbanisasi akan terjadi di , Tiongkok, dan Nigeria.

Urbanisasi adalah pergeseran penduduk dari daerah pedesaan ke perkotaan atau peningkatan bertahap jumlah penduduk di daerah perkotaan.

Saat ini, sekitar 4,2 miliar orang tinggal di beberapa kota di seluruh dunia, dengan Amerika Utara, Amerika Latin, dan Karibia menjadi daerah yang paling ter-urbanisasi di dunia, sementara menjadi negara yang mayoritas penduduknya tinggal di daerah pedesaan.

Berikut adalah daftar 10 :

Tokyo, Jepang

Tokyo, yang awalnya adalah desa nelayan dengan nama Edo, menjadi pusat politik yang menonjol pada tahun 1603, ketika menjadi pusat pemerintahan Keshogunan Tokugawa.

Pada pertengahan abad ke-18, Edo menjadi salah satu kota terpadat di dunia, dengan populasi lebih dari satu juta jiwa.

Setelah berakhirnya keshogunan pada tahun 1868, ibu kota kekaisaran di Kyoto dipindahkan ke kota Edo, yang kemudian berganti nama menjadi Tokyo, yang artinya ibukota timur.

Saat ini, Tokyo merupakan ekonomi perkotaan terbesar di dunia berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB), dan dikategorikan sebagai kota alpha plus oleh jaringan penelitian Globalisasi dan Kota-kota Dunia.

Delhi, India

Delhi, atau yang secara resmi dikenal sebagai Wilayah Ibukota Nasional Delhi, adalah kota dan wilayah persatuan India yang mencakup New Delhi, ibu kota India.

Diperkirakan ekonomi metro di wilayah urban Delhi meraih peringkat kedua atau paling produktif di India.

Delhi merupakan kedua di India setelah Mumbai dan merupakan rumah bagi 18 dan 23.000 . Delhi memiliki kepentingan sejarah yang besar sebagai pusat komersial, transportasi, dan budaya, serta pusat politik India.

Shanghai, Tiongkok

Shanghai awalnya hanya sebuah desa nelayan dan kota pasar yang berkembang pesat sekitar abad ke-19, karena lokasi perdagangan dan pelabuhannya yang menguntungkan.

Kota ini menjadi salah satu pusat komersial dan keuangan utama di kawasan -Pasifik pada tahun 1930-an. Dengan populasi 26.317.104 jiwa, Shanghai merupakan daerah perkotaan terpadat di Tiongkok dan kota terpadat ketiga di dunia. Shanghai adalah pusat global untuk keuangan, riset, teknologi, manufaktur, dan transportasi.

Sao Paulo, Brasil

Sao Paulo adalah kota terbesar di Brasil, dengan populasi 21.846.507 jiwa, menjadikannya kota terpadat di Brasil dan juga di belahan bumi selatan.

Sao Paulo memiliki ekonomi terbesar berdasarkan PDB di Amerika Latin dan belahan bumi selatan, dan memiliki pengaruh internasional yang kuat dalam perdagangan, keuangan, seni, dan hiburan.

Sao Paulo adalah kota kosmopolitan yang juga merupakan rumah bagi diaspora Arab, Italia, Jepang, dan Portugal terbesar di dunia.

Mexico City, Meksiko

Mexico City adalah ibu kota dan kota terbesar di negara bagian Meksiko, serta kota terpadat di Amerika Utara.