Advertorial

Hanya Tiga Tahun, Angka Kemiskinan di Bukittinggi Turun

×

Hanya Tiga Tahun, Angka Kemiskinan di Bukittinggi Turun

Share this article

SENTUHAN dan tangan dingin , , benar benar penuh magic.

Bagaimana tidak, selain menjadikan kota sejuk tersebut makin bergairah dengan berbagai prestasi yang ditorehkannya, pun tingkat kesejahteraan masyarakatnya meningkat drastis.

Buah kerja keras Erman Safar pun berdampak langsung pada turunnya persentase angka penduduk miskin di Kota .

Ini menjadi salah satu bentuk keberhasilan Erman Safar dalam memimpin Bukittinggi selama tiga tahun terakhir.

Secara keseluruhan, persentase penduduk miskin tercatat sebesar 4,11 persen pada Maret 2023.

Dilansir dari data BPS Bukittinggi, ditinjau dari tahun sebelumnya, terjadi penurunan persentase penduduk miskin sebesar 0,35 persen poin, dibandingkan tahun 2022.

Penduduk miskin di menunjukkan trend yang cenderung menurun selama periode 2018-2023.

“Kita bergerak mulai 2021, saat itu dampak covid masih besar, dimana meningkat menjadi 6,98 ribu jiwa. Untuk itu, kami fokus dalam perbaikan ekonomi masyarakat. Kita lakukan interfensi untuk harga pangan, operasi pasar, kurangi dan program lainnya. Pada tahun 2023 terjadi penurunan pada jumlah penduduk miskin, dari 6,16 ribu jiwa menjadi 5,78 ribu jiwa,” ungkap Wako Erman beberapa waktu lalu.

Persentase penduduk miskin Bukittinggi, ditekan melalui pengendalian harga pada satu sisi dan memacu peningkatan pendapatan masyarakat pada sisi lainnya.

Kerja keras yang dilakukan Erman Safar dan jajarannya menempatkan Bukittinggi sebagai kota tercepat dalam menurunkan angka di Sumbar sepanjang tahun 2023.

Dari data BPS Sumbar, Bukittinggi menjadi kota tercepat turunkan angka kemiskinan di Sumbar.

Pada tahun 2023, terdapat 10 dari 19 wilayah administratif yang mengalami penurunan persentase penduduk miskin dari tahun sebelumnya.

Dari 10 wilayah administratif tersebut, Kota Bukittinggi mengalami penurunan paling cepat yakni sebesar 7,85 persen dibanding kabupaten kota lainnya di Sumbar.

Persentase penduduk miskin di Kota Bukittinggi, mengalami penurunan dalam dua periode terakhir. Secara keseluruhan persentase penduduk miskin tercatat sebesar 4,11 persen pada Maret 2023.

Jika dilihat pada persentasenya mengalami fluktuasi dan menurun dalam dua tahun terakhir.