Pendidikan

Ingin Langsung Jadi ASN? Ayo Daftar di Sekolah Kedinasan Berikut

×

Ingin Langsung Jadi ASN? Ayo Daftar di Sekolah Kedinasan Berikut

Share this article

APARATUR Sipil Negara (ASN) atau yang dulunya dikenal dengan nama Pegawai Negeri Sipil () sejauh ini masih menjadi satu yang diidamkan oleh sejumlah masyarakat Indonesia.

Proses seleksi masuk yang tidak mudah membuat sejumlah orang mempersiapkan banyak hal demi bisa menjadi Calon PNS (CPNS), salah satunya dengan memilih perguruan tinggi.

Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan (PTS), ada banyak di bawah Kementerian atau Lembaga Negara yang bisa dipilih oleh masyarakat Tanah Air untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan mendapat peluang tinggi sebagai CPNS.

Sekolah kedinasan pun terbagi menjadi dua jenis, yakni sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas dan sekolah kedinasan berstatus non-ikatan dinas. Dua jenis sekolah kedinasan ini penting untuk diketahui agar tidak salah langkah. Lantas, apa perbedaannya?

Perbedaan Sekolah Kedinasan Berstatus Ikatan Dinas dan Non-Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas adalah sekolah yang para mahasiswanya akan langsung diangkat menjadi pegawai di Kementerian atau Lembaga Negara setelah menyelesaikan studi alias lulus. Sejumlah Kementerian yang menaungi jenis sekolah ini adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).