Berita

Mengenal 8 Kilang Minyak Terbesar di Dunia

×

Mengenal 8 Kilang Minyak Terbesar di Dunia

Share this article

KITA tentunya mengetahui, adalah fasilitas industri pengolahan minyak mentah menjadi produk petroleum yang dapat digunakan masyarakat, seperti bensin (gasolin), minyak tanah (kerosin), dan minyak diesel.

Kilang minyak dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan canggih untuk mendukung operasional pemenuhan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dunia.

Badan Energi Internasional (IEA) melalui laporan pasar minyak bumi jangka menengah 2023, memperkirakan permintaan minyak global akan meningkat sebesar 6 persen pada 2022 hingga 2028, yaitu mencapai 105,7 juta barel per hari.

Investasi global dalam eksplorasi, ekstraksi, dan produksi minyak dan gas bumi (migas) akan mencapai tingkat tertinggi pada 2023, sebesar US$ 528 miliar, naik 11 persen sejak 2015.

Lantas, di mana sajakah kilang minyak terbesar di dunia yang banyak berkontribusi pada pemenuhan kebutuhan migas global?

Dilansir dari laman Sterling Thermal Technology, berikut 8 kilang minyak paling besar berdasarkan kapasitas produksinya:

1.

Kilang Jamnagar merupakan kilang minyak milik perusahaan swasta, Reliance Industries, yang berada di Jamnagar, Gujarat, .

Pabrik yang berdiri sejak 1999 lalu itu mengawali produksinya dengan kapasitas 668.000 barel per hari. Kilang itu kini mempunyai kapasitas produksi hingga 1,24 juta barel per hari.

2.

Kompleks Kilang Paraguna berada di barat laut Venezuela. Pabrik pengolahan minyak bumi milik negara melalui Petroleos de Venezuela (PDVSA) itu mulai dibuka pada 1976 lalu.

Perusahaan itu memiliki tiga kilang, yaitu Kilang Cardon dan Kilang Amuay dengan kapasitas gabungan 955.000 barel per hari, serta Kilang Bajo Grande dengan kapasitas 16.000 barel.

3.

SK Energy mengembangkan Kompleks Kilang SK Energy Ulsan di Korea Selatan pada 1964. Kompleks kilang minyak yang memproses minyak mentah hingga 840.000 barel per hari itu digadang-gadang menjadi yang terbesar di .

4.