Breaking News

Pohon Andalas, Legenda di Ambang Kepunahan

×

Pohon Andalas, Legenda di Ambang Kepunahan

Share this article

MENYEBUT nama Pulau Andalas, semua kita langsung akan teringat dengan Pulau Sumatera. Sebab, Pulau Sumatera memang memiliki nama lain Pulau Andalas. Bahkan saking melegendanya nama pohon ini, perguruan tinggi tertua di Pulau Sumatera pun diberi nama Universitas Andalas.

Namun, tahukah kalian, bagaimana bentuk dan rupa itu ? Jika ini pertanyaannya, mungkin 10 dari 10 orang yang ditanya akan dengan cepat menggelengkan kepalanya.

Ya, Pohon Andalas adalah legenda yang tak diketahui rupanya terutama oleh para generasi saat ini yang hanya sibuk dengan gadget dan rutinitas kesehariannya.

Pohon Andalas yang bernama latin , merupakan sejenis tanaman murbei dengan ketinggian mencapai 60 meter.

Pohon ini resmi menjadi maskot dari Provinsi Sumatera Barat sejak tahun 1990 dan ditetapkan melalui surat keputusan Gubernur nomor 522-414-1990.

Selain itu, pohon Andalas juga mempunyai keterkaitan erat dengan kebudayaan masyarakat Minangkabau. Sejak zaman dahulu, pohon Andalas telah digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan. Misalnya seperti membangun rumah gadang untuk tempat tinggal dan juga bermusyawarah masyarakat setempat.

Kayu dari pohon Andalas juga dimanfaatkan untuk membangun tiang sebagai tempat beribadah umat Islam di sana.

Tidak hanya kayunya, bagian lain dari pohon ini seperti daun, kayu, dan akarnya juga memiliki potensi sebagai bahan obat-obatan.