Headline

Ribuan Tentara Ukraina Menanti Ajal di Front Timur

×

Ribuan Tentara Ukraina Menanti Ajal di Front Timur

Share this article

POSISI militer Ukraina semakin tersudut dalam melawan pasukan di . Setelah bantuan Serikat (AS) yang tertahan, Ukraina juga dipastikan tidak akan mendapatkan 100 kendaraan lapis baja yang sebelumnya bakal dikirim oleh Bulgaria.

Bulgaria yang juga merupakan negara pecahan Uni Soviet sebelumnya berencana untuk mengirim 100 unit kendaraan pengangkut personel lapis baja ke Ukraina.

Rencana itu diumumkan pada Desember 2023 secara langsung oleh Presiden Bulgaria, Rumen Radev. Menurut Radev, pengiriman alat utama sistem persenjataan ke Ukraina bertujuan untuk melindungi keselamatan warga sipil dan perbasatan Bulgaria-Ukraina.

Sebelumnya pada 22 November 2023, Parlemen Bulgaria juga telah menyetujui pengiriman kendaraan lapis baja ke Ukraina. Dengan pembiayaan transportasi, yang dibebankan kepada Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Namun demikian, rencana tersebut justru harus tertunda dikarenakan permasalahan administrasi di Kementerian Pertahanan Bulgaria. Hal ini justru diungkap oleh anggota Parlemen Bulgaria, Ivaylo Mirchev. “Bulgaria dapat banyak membantu Ukraina, namun hal ini tertunda karena fakta bahwa administrasi Kementerian Pertahanan tidak bekerja secara optimal,” ucap Mirchev.