Pengetahuan

Mengenal 7 Negara Tanpa Malam di Dunia

×

Mengenal 7 Negara Tanpa Malam di Dunia

Share this article

SEBAGIAN besar negara di dunia pasti mengalami siang dan malam atau matahari terbit dan terbenam. Namun, ternyata ada negara yang tidak pernah mengalami matahari tenggelam.

Meskipun terdengar aneh, midnight sun alias matahari di tengah malam memang benar-benar terjadi di sejumlah negara. Midnight sun adalah fenomena matahari yang terus bersinar walaupun waktu sudah menunjukkan tengah malam.

Fenomena alam yang unik ini terjadi setiap tahun, yakni saat musim panas. Biasanya, matahari mencapai puncaknya di bulan-bulan musim panas setiap tahun. Selama bulan-bulan khusus ini, seluruh wilayah di sisi utara Lingkaran Arktik disinari matahari hingga 24 jam sehari.

Intensitas matahari tengah malam bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa faktor yang memengaruhi hal ini dalah kedekatan dengan kutub bumi serta adanya awan dan kabut.

Berikut adalah tujuh akibat .

1. Norwegia

Negara di ujung Utara ini memiliki julukan sebagai “the land of the midnight sun” Saat puncak musim panas, matahari tidak pernah terbenam sepenuhnya di bawah ufuk di berbagai kota, termasuk kota Tromso. Selama Mei sampai Juli setiap tahunnya, masyarakat yang tinggal di kota Tromso merasakan hari-hari tanpa malam.

Berkat alasan ini, Tromso jadi tujuan wisata populer untuk melihat matahari tengah malam selama puncak musim panas. Universitas di Tromso bahkan terkenal sebagai salah satu pusat penelitian matahari tengah malam terkemuka di dunia.

Selain Tromso, kepulauan Svalbard juga merasakan hari-hari tanpa malam. Di sana, matahari tengah malam dimulai pada tanggal 20 April dan berakhir pada tanggal 22 Agustus. Sedangkan di tanjung Nordkinn matahari tengah malam ini terlihat dari tanggal 14 Mei hingga 29 Juli. Norwegia menjadikan keunikan ini sebagai promosi pariwisata.

2. Swedia

Bertetangga dengan Norwegia, Swedia juga negara yang mengalami hari-hari tanpa malam. Wilayah Lapland, yang merupakan bagian paling utara Swedia, matahari tengah malam tetap terlihat selama hampir 60 hari dari 27 Mei – 18 Juli.

Selama periode ini, orang asli Lapland jadi kesulitan tidur karena matahari masih bersinar terang di luar meski jam sudah menunjukkan lewat tengah malam. Oleh sebab itu, setiap puncak musim panas, penjualan tirai penghalang sinar matahari jadi laku keras.

Selain Lapland, kota Abisko dan Jokkmokk juga jadi tempat terbaik untuk melihat matahari tengah malam di Swedia.

3. Finlandia