Headline

Utang bukan Solusi!

×

Utang bukan Solusi!

Share this article

BuliranNews, JAKARTA – Ketua Umum , Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, sepanjang masa kampanye semua ataupun caleg berlomba-lomba menjanjikan berbagai program kepada rakyat. Namun, para kandidat jarang membahas cara meningkatkan pendapatan negara untuk membiayai berbagai program yang dijanjikan.

Menurut AHY, apabila pendapatan negara tidak ditambah, maka presiden dan wakil presiden terpilih akan sulit membiayai program yang diusung. Dia mewanti-wanti agar pemerintahan selanjutnya tidak membiayai program menggunakan utang.

“Pembiayaan belanja negara melalui peningkatan utang bukanlah solusi yang berkelanjutan. Apalagi pandemi Covid-19 yang lalu telah memaksa kita untuk meningkatkan utang,” kata AHY dalam pidato politik terakhirnya jelang hari pencoblosan , di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

AHY menjelaskan, penambahan pendapatan negara harus bertumpu pada peningkatan penerimaan pajak dan bukan pajak. Namun, caranya bukan dengan menaikkan tarif pajak.

“Solusi yang tepat dan berkesinambungan adalah dengan mendorong pendapatan negara melalui upaya peningkatan nasional,” kata putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

AHY mengatakan, pertumbuhan harus digenjot ke angka 6-7 persen. Partai Demokrat, kata dia, mengusulkan empat cara yang harus ditempuh untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menambah penghasilan negara.