Olahraga

Reuni Para Mantan Juara

×

Reuni Para Mantan Juara

Share this article

Semifinalis Piala Afrika 2023

PIALA 2023 telah memasuki babak semifinal, empat negara yang berhasil mengamankan tempat tersebut adalah Pantai Gading, Nigeria, Afrika Selatan, dan Republik Demokratik Kongo.

Nigeria menundukkan Angola 1-0 pada laga perempat final, sedangkan RD Kongo menang 3-1 atas Guinea, hasil 2-1 diperoleh Pantai Gading ketika melawan Mali, sementara Afrika Selatan (0-0) menang 2-1 melalui adu penalti saat melawan Tanjung Verde.

Pada babak semifinal 2023, Nigeria akan berjumpa Afrika Selatan, sementara itu Pantai Gading yang merupakan tuan rumah edisi kali ini, berhadapan dengan RD Kongo.

Ada beberapa hal menarik mengenai 4 tim di semifinal , salah satunya adalah mereka pernah memperoleh gelar juara.

Dilansir dari CAFonline, berikut ini informasi menarik mengenai keempat tim yang akan tampil di babak semifinal Piala Afrika 2023.

Pantai Gading

Perjalanan pantai gading yang merupakan tuan rumah Piala Afrika 2023 tidak berlangsung mulus, tetapi mereka bisa bangkit meski sempat kalah 0-4 dari Guinea Khatulistiwa.

Pantai Gading akan menjadlani laga semifinal kesembilan sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Afrika, dan sudah dua kali merasakan gelar juara pada 1992 dan 205.

Pada babak perempat final Pantai Gading menang 2-1 atas Mali melalui pertandingan di babak tambahan waktu, setelah gol Omar Diakite (120'+2) menjadi penentu.

Menariknya itu adalah pertandingan pertama yang dimenangi Pantai Gading di babak extra time, sejak perempat 1992 yang akhirnya mereka menangkan.

RD Kongo

Tantangan berat akan dihadapi Kongo yang menjadi lawan Pantai Gading di babak semifinal Piala Afrika 2023, setelah menang atas Guinea di babak perempat final.

Hasil kemenangan 3-1 melawan Guinea di babak perempat final membuat RD Kongo berhak melaju ke semifinal Piala Afrika kelima dalam sejarah mereka.