Berita

Sumpek dan Macet, Ini Deretan Kota Terpadat di Dunia

×

Sumpek dan Macet, Ini Deretan Kota Terpadat di Dunia

Share this article

SECARA sederhana, kota dapat diistilahkan sebagai pusat populasi yang relatif permanen dan sangat terorganisir. Perkotaan cenderung memiliki ukuran atau kepentingan yang lebih besar dibandingkan kampung atau desa.

Dalam beberapa kasus, konsep kota mengacu pada tipe komunitas tertentu, komunitas perkotaan, dan budayanya, yang dikenal sebagai “urbanisme.” Kota juga umumnya memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak dibandingkan dengan daerah pedesaan.

Dilansir dari laman World Population Review, negara dengan penduduk terbanyak di dunia adalah China dan dan beberapa berada di dua negara tersebut.

Di antaranya adalah Shanghai dan Beijing, dengan populasi masing-masing 25 dan 22 juta jiwa, kemudian di India ada Delhi (27 juta jiwa) dan Mumbai (lebih dari 21,5 juta jiwa).

Meski demikian, yang menempati peringkat pertama sebagai kota terpadat di dunia adalah Tokyo, Jepang, dengan total penduduk lebih dari 37 juta jiwa pada tahun 2024 ini.

Kota-kota ini biasanya adalah kota besar berperan penting penting secara budaya dan menyambut jutaan wisatawan setiap tahunnya.

Meski, banyak juga kota populer dan kaya budaya yang memiliki populasi lebih kecil dan sering kali menghasilkan standar hidup yang lebih tinggi bagi penduduknya.