Pengetahuan

Sovereign Military Order of Malta, Negara Unik Tanpa Tanah

×

Sovereign Military Order of Malta, Negara Unik Tanpa Tanah

Share this article

NEGARA tanpa tanah? Akal sehat kita sulit untuk menerimanya. Namun begitulah yang ada pada Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes and of Malta, atau biasa disebut juga dengan .

Dikutip dari situs The Culture Trip, Sovereign Military Order of Malta adalah ordo ksatria Katolik Roma yang didirikan pada tahun 1099 di Yerusalem. Pendirinya adalah Beato Gerard.

Dalam sejarahnya, ordo ini memiliki tanah dan tinggal di , Siprus, Yunani, Italia, dan Malta. Ketika zaman semakin modern, ordo jadi makin ditinggalkan. Namun, negara ini masih memiliki anggota sampai sekarang, dan jadi ordo ksatria tertua yang masih ada di dunia.

Kamu mungkin tidak mengetahui negara satu ini, bukan? Tapi, Sovereign Military Order of Malta memang tak banyak diketahui oleh orang-orang. Meski begitu, negara ini diakui oleh dan menjalin hubungan diplomatik formal dengan 107 negara.

Sama seperti negara lainnya, Sovereign Military Order of Malta memiliki bendera dan lambang negaranya tersendiri. Benderanya adalah salib putih dengan latar belakang merah.

Bahasa resmi mereka yakni bahasa Italia, dan mata uangnya yaitu Scudo Malta. Tapi, mata uang ini disebutkan sudah tidak berlaku di tempat lain.

Sovereign Military Order of Malta juga memiliki pemerintahan, hukum, populasi, bahkan dan plat nomor mobil , lho.

Pemerintahannya adalah monarki elektif dan dipimpin oleh seorang Pangeran dan Grand Master. Populasinya ada dua orang, sementara anggotanya 13.000 orang dan 80.000 lainnya adalah sukarelawan.

Negara Sovereign Military Order of Malta diketahui baru diberi “tanah” pada tahun 1998. Dan bagi traveler yang tertarik berkunjung, kamu dapat mendatangi beberapa area berikut.

Meski tidak punya “tanah”, Sovereign Military Order of Malta dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Ada beberapa tempat yang menjadi wilayah atau dimiliki oleh Sovereign Military Order of Malta, yakni: