Internasional

Jutaan Anak di Gaza Butuh Dukungan Kesehatan Mental

×

Jutaan Anak di Gaza Butuh Dukungan Kesehatan Mental

Share this article

CATATAN memilukan dilansir , mereka mengungkapkan, sekitar 17 ribu anak-anak di Jalur tak memiliki pendamping atau telah terpisah dari keluarganya sejak meluncurkan agresi ke wilayah tersebut pada 7 Oktober 2023.

Tak hanya itu, lebih dari 1 juta juga membutuhkan dukungan mental.

“Mereka (anak-anak di Gaza) menunjukkan gejala-gejala seperti tingkat kecemasan yang sangat tinggi, kehilangan nafsu makan. Mereka tidak bisa tidur, emosi mereka meluap-luap atau panik setiap kali mendengar ledakan,” kata Jonathan Crickx, kepala komunikasi UNICEF untuk Wilayah Pendudukan Palestina, Jumat (2/2), dikutip laman Asharq Al Awsat.

Dia mengungkapkan, sebelum Israel- pecah pada Oktober tahun lalu, UNICEF sudah mempertimbangkan bahwa 500 ribu anak di Gaza sudah membutuhkan dan psikososial. “Saat ini, kami memperkirakan hampir semua anak membutuhkan dukungan tersebut, dan itu berarti lebih dari 1 juta anak,” ujar Crickx.

Saat ini -Hamas masih berlangsung di Gaza. Setidaknya 27 ribu warga Gaza sudah terbunuh sejak Israel memulai agresinya pada 7 Oktober 2023. Sebagian besar korban meninggal adalah dan anak-anak. Sementara korban luka telah melampaui 66 ribu orang.