Militer

Amerika Serikat Jadikan 7 Negara di Timur Tengah Ini Sebagai Pangkalan Militer

×

Amerika Serikat Jadikan 7 Negara di Timur Tengah Ini Sebagai Pangkalan Militer

Share this article

SEBAGAIMANA kita ketahui selama ini, telah lama menjadi pusat perhatian geopolitik dunia, terutama karena kaya akan sumber daya alam, serta memiliki sejarah dan kebudayaan yang beragam.

Salah satu aspek yang mendominasi hubungan Amerika Serikat (AS) dengan negara-negara adalah keberadaan pangkalan militer AS di kawasan tersebut.

Kehadiran pangkalan militer AS di beberapa juga tak luput dari kontroversi.

Berikut ini berbagai negara di wilayah itu yang menampung pasukan Negeri .

1. Irak

Setelah invasi tahun 2003, Irak menjadi salah satu pangkalan militer terbesar di Timur Tengah. Pangkalan-pangkalan seperti dan menjadi pusat operasi penting bagi pasukan AS.

Meskipun AS telah menarik sebagian besar pasukannya dari Irak, beberapa pangkalan masih tetap beroperasi. Infrastruktur dan ekonomi setempat mengalami perkembangan, namun terdapat kerusuhan dan protes terhadap kehadiran militer asing.

Peran AS dalam membantu melawan kelompok Negara Islam (ISIS) mendapat apresiasi, tetapi juga menciptakan ketegangan internal.

2. Qatar

Qatar menjadi tuan rumah bagi pangkalan militer terbesar AS di Timur Tengah, . Pangkalan ini berperan penting dalam operasi militer AS di kawasan tersebut, termasuk operasi udara di Afghanistan, Irak, dan Suriah.

Kehadiran pangkalan ini memperkuat hubungan antara AS dan Qatar, namun juga menimbulkan kekhawatiran di antara negara-negara tetangga. Infrastruktur dan ekonomi Qatar berkembang pesat, tetapi ada kekhawatiran mengenai pengaruh politik dan militer asing.

3. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) memiliki beberapa pangkalan militer AS, termasuk di Abu Dhabi dan Dubai. Kehadiran militer AS di UEA terutama terkait dengan operasi melawan terorisme dan mempertahankan stabilitas regional.

Hubungan ekonomi dan politik antara AS dan UEA menjadi lebih erat, tetapi kehadiran militer juga menimbulkan kritik internasional. UEA memperoleh akses terhadap teknologi militer canggih dan bantuan keamanan.

4. Saudi Arabia

Kehadiran pangkalan militer AS di Saudi Arabia telah menjadi titik fokus kontroversi, terutama setelah serangan 11 September 2001. Pangkalan-pangkalan seperti menjadi penting dalam operasi militer regional.

Hubungan AS-Saudi menjadi kompleks karena isu-isu hak asasi manusia dan ketegangan regional. Kehadiran militer AS memberikan perlindungan keamanan bagi Saudi Arabia, tetapi juga menimbulkan protes di dalam negeri.

5. Turki

Serikat di Turki memiliki sejarah panjang dan beragam, tetapi hubungan antara kedua negara telah mengalami ketegangan dalam beberapa tahun terakhir.