Budaya

Kenapa Orang Yahudi Banyak yang Sukses, Simak Ulasan Berikut

×

Kenapa Orang Yahudi Banyak yang Sukses, Simak Ulasan Berikut

Share this article

TAK bisa dipungkiri, sejarah dunia telah membuktikan kalau banyak orang yang mempunyai pencapaian tinggi. Mereka banyak yang mendapatkan kesuksesan akan banyak hal.

Selama abad ke-20 misalnya, orang Yahudi di Barat sukses menjadi tokoh intelektual dan menempati kelas tertinggi ekonomi. Lalu, tak sedikit dari mereka yang meraih penghargaan tertinggi ilmu pengetahuan, yakni Nobel.

Dalam kurun 1901-1962 saja, 16% pemenang Nobel sains adalah mereka orang Yahudi. Salah satunya ada fisikawan tersohor keturunan Yahudi Albert Einstein yang meraih Nobel fisika tahun 1921.

Bahkan, mengacu riset Paul Bustein dalam “Jewish Educational and Economic Success in the United States” (2007), secara spesifik menuliskan di Amerika Serikat, bangsa Yahudi tercatat lebih sukses secara ekonomi dan pendidikan dibandingkan dengan kelompok bangsa dan ras lainnya.

Lantas, apa rahasia yang membuat orang Yahudi banyak yang meraih kesuksesan? Simak!

Menurut Richard Lynn dan Satoshi Kanazawa dalam “ explain high Jewish achievement” (2008), ada dua hipotesis untuk menjelaskan mengapa orang Yahudi bisa sukses.

1. Orang Yahudi Punya Kecerdasan di Atas Rata-Rata

Orang Yahudi terbukti punya kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini bisa ditarik mundur pada cerita ratusan tahun lalu.

Mereka selalu berhasil menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan manusia. Saat itu, banyak orang yang memandang orang Yahudi cerdas luas biasa, namun pandangan tersebut diperoleh hanya dari pengamatan secara empiris dan pengukuran kualitatif saja.

Apalagi saat itu tes IQ belum ada. Lalu, barulah saat tes IQ mulai berkembang di pertengahan abad ke-20, hipotesis menyebutkan mereka benar-benar orang cerdas di atas rata-rata.

2. Didasari oleh Nilai Budaya yang Kuat