Berita

Ternyata di Sejumlah Negara, Pajak Perseorangannya 0 Persen

×

Ternyata di Sejumlah Negara, Pajak Perseorangannya 0 Persen

Share this article

BANYAK cara dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan dalam bentuk pajalk. Apalagi, selepas pandemi Covid-19 yang membuat bantak negara terjerembab. Dan solusi yang dilakukan adalah menaikkan pajak.

Kenapa hal ini dilakukan? karena beban fiskal yang melebar saat pandemi yang berkepanjangan. Pajak pun menjadi alat untuk memulihkan kondisi fiskal di banyak negara dalam waktu cepat.

Namun, ternyata masih banyak negara di dunia yang tetap menerapkan pajak penghasilan yang kecil.

Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang mengalami defisit anggaran, tetapi menahan pajak penghasilan hingga 0%, seperti yang dilakukan Saudi Arabia. Tak hanya itu, tetangga Indonesia ini juga menerapkan pajak 0% bagi individu.

Kebijakan tersebut tak hanya berlaku bagi negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) tinggi, juga bagi negara dengan PDB yang masuk kisaran rata-rata saja.

Berikut daftar 10 negara dengan tarif pajak penghasilan pribadi atau individu 0% di dunia, dihimpun dari Insider Monkey :

1. Bermuda

Negara di lautan Pasifik ini menerapkan pajak nol persen bagi warga negaranya. Baik itu tarif pajak penghasilan pribadi maupun tarif pajak penghasilan badan. Negara Bermuda saat ini, PDB nya sekitar US$ 118.774.

2. Kepulauan Cayman

Sebagaimana halnya dengan Bermuda, hal serupa juga berlaku di Kepulauan Cayman. Dimana tarif pajak penghasilan pribadi dan tarif pajak penghasilan badan juga tercatat 0 persen dengan PDB$ 99.624.

3. Bahrain

Negara Keemiran Bahrain di kawasan ternyata juga memberlakukan hal yang sama. Di negeri ini, tarif pajak penghasilan pribadi dan tarif pajak penghasilan badan pun dipatok 0 persen sementara PDB Bahrain tercatat sebesar US$ 62.750.

4. Bahama

Negara Pasifik lainnya yaitu Bahama pun setali tiga uang. Tarif pajak penghasilan pribadi dan tarif pajak penghasilan badan ditetapkan 0 persen. Di negara Bahama, PDB tercatat sebesar US$ 46.300.

5. Uni Emirat Arab

Jika empat negara di atas memberlakukan tarif pajak penghasilan pribadi dan tarif pajak penghasilan badan dengan skema 0 persen. Maka di negeri Arab ini, hanya tarif pajak penghasilan pribadi yang ditetapkan 0 persen.

Sementara tarif pajak penghasilan badan ditetapkan di angka 9 persen. Saat ini, PDB Uni Emirat Arab tercatat sebesar US$ 92.950.