Transportasi

Deretan Penerbangan dengan Jarak Terpendek di Dunia

×

Deretan Penerbangan dengan Jarak Terpendek di Dunia

Share this article

TUJUAN kita untuk naik pesawat adalah untuk memangkas jarak tempuh yang jauh menjadi singkat. Sehingga sebagian besar jarak tempuhnya sangat jauh.

Namun untuk diketahui, ada sejumlah rute penerbangan terpendek di dunia yang menarik untuk diketahui. Mayoritas rute penerbangan terpendek di dunia tersebut menghubungkan dua pulau dalam satu wilayah.

Selain itu, sebagian besar destinasi dalam rute penerbangan terpendek di dunia adalah obyek wisata populer di dunia.

Melansir Travel and Leisure, rute penerbangan terpendek di dunia adalah dari Pulau Westray ke Pulau Papa Westray di Skotlandia. Perjalanan itu hanya butuh waktu dua menit di udara.

Berikut rute penerbangan terpendek di dunia seperti dihimpun dari Travel and Leisure dan Times of :

1. Westray ke Papa Westray

Penerbangan terpendek di dunia adalah rute Westray menuju Papa Westray. Keduanya merupakan pulau di Skotlandia di Britania Raya. Rutenya hanya 2,74 kilometer (km) yang ditempuh hanya dalam dua menit.

Bahkan, jika aliran angin lebih kencang perjalanan tersebut cuma perlu waktu 47 detik. Rute penerbangan dari Westray ke Papa Westray sudah tercatat sebagai penerbangan terpendek di dunia versi Guinness World Record.

Rute tersebut dioperasikan oleh maskapai penerbangan regional Skotlandia, Loganair sejak September 1967. Hingga saat ini, penerbangan terpendek di dunia masih beroperasi.

Alternatif transportasi lain yang menghubungkan kedua pulau itu adalah menggunakan perahu selama 20 menit. Namun, jalurnya cukup bergelombang.

2. Karpathos ke Kasos

Selanjutnya, ada rute Karpathos menuju Kasos pada posisi kedua penerbangan terpendek di dunia. Keduanya merupakan pulau di Yunani.

Penumpang hanya membutuhkan waktu lima menit di udara. Penerbangan terpendek di dunia itu dilayani menggunakan Olympic Air, maskapai penerbangan terbesar di Yunani.

Selain pesawat, perjalanan dari Karpathos menuju Kasos juga dapat dijangkau melalui kapal feri sepanjang 3,2 km.

3. St. Maarten ke Anguila

St. Maarten merupakan sebuah pulau serta negara konstituen Belanda, sedangkan Anguilla adalah pulau yang berlokasi di Karibia. Perjalanan antara kedua pulau tersebut bisa ditempuh menggunakan pesawat hanya dalam 10 menit.

Oleh sebab itu, perjalanan dari St. Maarten ke Anguila menjadi salah satu penerbangan terpendek di dunia. Penumpang bisa bertolak dari Bandara Internasional Princess Juliana di St. Maarten.

Selain pesawat, wisatawan bisa menggunakan kapal feri dengan waktu tempuh 25 menit.

4. Connemara ke Inishmore

Connemara dan Inishmore adalah pulau di Irlandia barat. Kedua pulau tersebut bisa dijangkau dengan perjalanan udara hanya dalam 10 menit.

Oleh sebab itu, perjalanan dari Connemara ke Inishmore menjadi salah satu penerbangan terpendek di dunia.