Ekonomi

Ketahanan Pangan Harus Terus Digalakkan

×

Ketahanan Pangan Harus Terus Digalakkan

Share this article

BuliranNews, DEPOK – Perkembangan zaman, membuat sektor pertanian menjadi terlupakan oleh masyarakat. Padahal seharusnya, menjadi sebuah sektor yang harus dioptimalkan. Karena ke depan, tantangan dunia bukan lagi nuklir, bukan lagi senjata.

“Namun tantangan tersebut bernama perut. Sebab, saat semua negara berupaya mengimpor produk pangan, tentunya semua berebut,” kata ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Depok,  .

Pria sederhana yang sehari-hari meruapakan ketua RW 19 , Tapos, Kota Depok mengatakan, karena ke depan sektor ini akan menjadi persoalan yang cukup urgent, makanya HKTI Kota Depok berharap masyarakat bisa kembali ke hal ini.

“Memanfaatkan pekarangan ataupun pot atau bisa juga dengan sistem hidpronik dalam bertani kecil-kecilan, adalah solusi terbaik untuk dilakukan. Agar, ketika harga pangan naik, masyarakat tidak menjadi panik karena telah ada solusi yang dipunyainya,” jelasnya serius.

Dalam mengalakkan ketahanan pangan masyarakat tersebut, pihaknya kata Yuris selalu melakukan edukasi akan pentingnya hal tersebut dilakukan. Agar kepanikan tak melanda masyarakat ketika harga kebutuhan pangan melonjak secara drastis.

HKTI Kota Depok yang saat ini telah hadir di sembilan kecamatan dari sebelas kecamatan yang ada di Kota Belimbing itu kata dia, bukannya tidak memiliki tantangan dalam mengedukasi persoalan tersebut di atas. Karena tak semua warga merespons positif karena merasa bisa memilikinya dengan membeli.

“Dalam banyak kesempatan, HKTI Kota Depok terus melakukan berbagai cara agar bisa merubah mindset (pola pikir) masyarakat agar kembali mau bertani. Ini tentunya tidak ringan, namun saya optimis bisa melakukannya,” ucapnya serius.

Keyakunan itu menurut Yuris bukannya tanpa alasan sama sekali. Sebab, dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, sektor pertanian tetap menjadi sektor utama menyokong kesejahteraan publik.