Pengetahuan

Deretan Kota-Kota Tertua di Pulau Jawa

×

Deretan Kota-Kota Tertua di Pulau Jawa

Share this article

SEBAGAIMANA yang kita ketahui bersama, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak tempat sejarah dan kota tertua.

Terdapat beberapa kota tertua yang bahkan berdiri sebelum tahun 1000 masehi dan ada yang sejak 750 masehi. Kota apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya dikutip Daftar Kota :

1. Salatiga

Kota Salatiga terletak di provinsi Jawa Tengah. Kota ini telah disebutkan dalam prasasti Plumpungan menjadi daerah istimewa.

Disebutkan dalam prasasti tersebut, berdirinya kota Salatiga diterjemahkan menjadi hari Jumat, 24 Juli tahun 750 masehi.

Kemudian tanggal tersebut diresmikan pemerintah kota Salatiga pada 20 Juli tahun 1995.

2. Kediri

Kediri terletak di provinsi Jawa Timur mendapatkan peringkat kedua sebagai kota tertua di pulau Jawa. Telah ditemukan prasasti Kwak di daerah Ngaban, kabupaten Magelang, yang menceritakan berdirinya kota Kediri.

Pada prasasti tersebut yang telah diterjemahkan menjelaskan kalau kota Kediri berdiri pada tanggal 27 Juli 879 masehi.

Namun di dalam perundang-undangan yang baru, kota Kediri disebutkan baru berusia 72 tahun.

3. Magelang

Magelang terletak di provinsi Jawa Tengah mendapatkan peringkat ketiga kota tertua di Jawa. Magelang berdiri pada tanggal 11 April 907 masehi. Keterangan itu berdasarkan prasasti Gilikan, poh, dan mantyasih.

4. Surabaya

Surabaya merupakan ibukota Jawa Timur yang menjadi kota tertua di Pulau Jawa saja. Surabaya yang terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan memiliki hari jadi yaitu tanggal 31 Mei 1293 masehi.

5. Kabupaten Pati