Olahraga

Asa ke 16 Besar Masih Ada, Ini Syaratnya

×

Asa ke 16 Besar Masih Ada, Ini Syaratnya

Share this article

Piala Asia 2023

HARAPAN untuk mencetak sejarah di dengan melenggang ke untuk pertama kalinya masih terbuka. Kekalahan 1-3 dari Jepang pada laga pamungkas Grup D 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1), belum menutup langkah Indonesia.

Akibat kekalahan ini, Indonesia menyelesaikan Grup D dengan berada di peringkat ketiga dengan 3 poin dan selisih gol -3. Hal ini membuat langkah Merah Putih melaju ke babak 16 besar dapat ditentukan melalui satu jalan yaitu menjadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Di sisi lain, kemenangan di laga pamungkas ini membuat Jepang menemani langkah sempurna Irak melaju ke babak gugur dari perwakilan Grup D setelah mengoleksi 6 poin dari tiga laga.

Indonesia sementara ini bertengger di posisi keempat klasemen sementara peringkat tiga terbaik di bawah dua teratas Palestina dan Suriah yang sudah memastikan diri sebagai dua dari peringkat tiga terbaik dengan sama-sama meraih 4 poin dan di bawah peringkat tiga Bahrain dengan 3 poin dan selisih gol -1.

Tim Garuda memiliki empat skenario untuk lolos ke babak 16 besar. Skenario pertama adalah Yordania mengalahkan Bahrain 2-0 pada laga Grup E, Kamis (25/1/2024) pukul 18.30 WIB di Stadion Internasional Khalifa. Jika ini terjadi, Indonesia dan Bahrain sama-sama mengumpulkan nilai 3 dengan selisih gol -3, tapi Indonesia akan unggul produktivitas gol.

Jika Bahrain mencetak gol, Yordania harus menang dengan selisih minimal tiga gol. Indonesia akan lolos karena selisih gol Bahrain -4 atau lebih.