Inspirasi

Tak Pernah Jejak Bangku Kuliah, Tokoh Berikut Mampu Guncang Dunia

×

Tak Pernah Jejak Bangku Kuliah, Tokoh Berikut Mampu Guncang Dunia

Share this article

SELAMA ini kita selalu diributkan dengan pendidikan minimal jika ingin sukses. Bangku kuliah, atau minimal S1 dianggap sebagai batas paling bawah jika ingin merengkuh sukses.

Namun tahukah kalian, tokoh berikut tak pernah menjejak bangku kuliah. Tetapi mereka tetap mampu mengguncang dunia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya :

1. George Washington

George Washington adalah presiden pertama AS sekaligus tokoh pertama dalam daftar sosok yang tidak pernah kuliah. Diketahui, Washington menjabat sebagai presiden pada 1789 hingga 1797.

Melansir dari laman resmi Boston Tea Party Ships & Museum, Washington tidak pernah kuliah. Bahkan, ia berhenti menempuh pendidikan saat berusia 15 tahun karena keluarganya tidak mampu membiayai pendidikan perguruan tinggi.

Sebagai gantinya, sosok kelahiran 22 Februari 1732 itu banyak belajar otodidak di berbagai bidang. Menurut The Washington Post, Washington memperoleh lisensi surveyor di College of William & Mary di Virginia, tapi tidak mendapatkan gelar sarjana.

2. Andrew Jackson

Presiden kedua dalam sejarah AS yang tidak pernah kuliah. Berdasarkan catatan The Washington Post, presiden yang masa jabatan 1829 hingga 1837 ini tidak pernah menempuh pendidikan perguruan tinggi.

Menurut Britannica, Jackson lahir di Carolina Selatan yang merupakan daerah minim kesempatan pendidikan formal. Jejak pendidikan Jackson berhenti saat Inggris melakukan invasi ke Carolina Barat pada 1780 hingga 1781.

Setelah Revolusi Amerika berakhir, tokoh kelahiran 15 Maret 1767 ini belajar hukum di sebuah kantor di Salisbury, Carolina Utara. Kemudian, ia memperoleh izin sebagai pengacara pada 1787.

3. Andrew Johnson