Internasional

Israel Tak Miliki Hak Veto Tentukan Nasib Rakyat Palestina

×

Israel Tak Miliki Hak Veto Tentukan Nasib Rakyat Palestina

Share this article

BuliranNews, BRUSSELS, , mengatakan bahwa tidak memiliki hak untuk menentukan nasib Palestina ke depan. Dia kembali menegaskan bahwa Uni Eropa tetap berkomitmen pada solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

“Israel tidak dapat memiliki hak veto terhadap penentuan nasib rakyat Palestina,” kata Borrell dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry di Brussels, Belgia, Selasa (23/1), dikutip laman Middle East Monitor.

Pada kesempatan itu, Borrell mengapresiasi peran Mesir dalam memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Dia pun memuji Kairo karena menyediakan layanan bagi warga Gaza yang diungsikan. Borell turut menghargai keterlibatan Mesir dalam kesepatan kemanusiaan antara Israel dan pada November tahun lalu.

Borrell mengatakan, Uni Eropa bermaksud membangun koalisi yang mendukung peluncuran kembali perspektif politik untuk solusi dua -Palestina. “Dan Mesir adalah dan harus menjadi mitra utama dalam hal ini,” ujarnya.

Dia mengingatkan bahwa PBB telah berulang kali mengakui hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri. Borrell menekankan, tidak ada pihak yang dapat menyangkal atau menentang hal tersebut.

Pada Senin (22/1/2024) lalu, Borrell telah mengkritik keras Perdana Menteri Israel Benjamin karena menolak penerapan solusi dua negara guna menyelesaikan konflik dengan Palestina. “Perdamaian dan stabilitas tidak dapat dibangun hanya dengan cara militer,” kata Borrell menyinggung Israel, dikutip laman Al Arabiya.

“Solusi apa lagi yang ada dalam pikiran mereka (Israel)? Untuk membuat semua pergi? Untuk membunuh mereka?” ujar Borrell.