Dunia Buah

Mengenal Varian Durian Paling Populer di Tanah Air

×

Mengenal Varian Durian Paling Populer di Tanah Air

Share this article

NEGARA Indonesia, negara dengan kekayaan kuliner yang melimpah, tidak hanya terkenal dengan aneka masakan lezatnya, tetapi juga dengan keberagaman buah-buahan tropisnya.

Salah satu buah yang menjadi ikon kekayaan buah di Indonesia adalah durian. Dengan aroma yang khas dan rasa yang unik, durian memikat hati para pecinta buah.

Di antara berbagai varietas durian yang tersebar di seluruh negeri, terdapat 7 jenis durian yang kini menjadi favorit masyarakat. Mari kita telusuri kelezatan dari masing-masing jenis durian ini.

1. Durian Tembaga

Durian Tembaga, dikenal dengan bentuk bulat dan duri lancip serta rapat, memberikan pengalaman durian yang tak terlupakan.

Warna dagingnya yang kuning seperti tembaga memberikan kesan mewah.

Rasanya sangat legit dengan daging yang tebal dan biji yang kecil, menciptakan kombinasi tekstur dan rasa yang sempurna.

2. Durian Matahari

Durian Matahari, berasal dari Banten, menonjolkan diri dengan warna daging yang kuning seperti sinar matahari. Bentuk buahnya bulat panjang dengan duri bengkok yang jarang memberikan tampilan yang unik.

Aroma buahnya tidak begitu tajam, membedakannya dari durian-durian lainnya. Dengan biji yang cenderung kecil, durian ini memberikan cita rasa yang istimewa.

3. Durian Pelangi Manokwari

Dari Manokwari, Papua Barat, hadir Durian Pelangi yang memukau dengan gradasi warna dagingnya yang mirip pelangi.

Dengan warna kuning muda, coklat muda, dan merah, durian ini bukan hanya lezat tetapi juga indah dipandang. Tekstur lembut dan agak lengket, ditambah rasa manis, membuatnya menjadi favorit pecinta durian.

4. Durian Petruk

Durian Petruk, durian lokal asal Jepara dengan bentuk bulat panjang seperti telur dengan daging kuning yang sedikit berserat dan lembek.