Headline

Tentara Israel Takut Masuk Gaza

×

Tentara Israel Takut Masuk Gaza

Share this article

PASUKAN zionis mulai keteteran, dimana dilaporkan mental mereka semakin parah seiring terus berlanjutnya di Jalur melawan milisi pembebasan Palestina yang sudah berlangsung lebih dari 100 hari.

Krisis di IDF itu disebutkan bukan cuma karena kerasnya milisi Perlawanan Palestina di Gaza, namun juga karena fakta bahwa banyak tentara menolak untuk dikirim ke medan perang.

Sebenarnya, fenomena desersi di IDF ini sudah dimulai pada akhir November silam saat puluhan tentara menolak berperang lantaran mundurnya dua komandan mereka dari unit tempur di Gaza.

Kali ini, jumlah desersi tentara IDF bukan lagi puluhan melainkan sudah ratusan merujuk pada informasi yang menyebut hampir setengah dari batalion yang baru dibentuk menolak pergi ke Gaza dengan alasan kurangnya pelatihan.

Informasi itu dilansir saluran televisi Israel, KAN dalam program acara ‘Hazet Hayom', Rabu (17/1). Disebutkan, IDF merekrut tentara cadangan dari warga sipil lewat program wajib militer atau program lain untuk sewaktu-waktu bertugas dengan menjalani pelatihan dulu sebelum dikirim bertempur.

Seiring laju yang tak kunjung menurun, Israel disebutkan mulai beralih ke taktik shifting pasukan, menarik sejumlah unit lama dengan yang baru dengan terlebih dulu melatih pasukan cadangan sebagai pengganti.

Satu di antara pasukan cadangan yang akan bertugas di Gaza dalam shifting ini adalah Brigade Hashomer.

Hanya, mereka yang ikut pelatihan mengaku tidak mendapat cukup pengetahuan dan keahlian untuk dikirim ke medan perang.

“Tentara cadangan yang dipanggil untuk berlatih sebelum pembentukan Brigade ‘Hashomer' (…) mengkritik keras kesenjangan serius dalam peralatan, profesionalisme, kurangnya tenaga kerja dan terutama fakta bahwa di tengah pelatihan mereka diberitahu bahwa mereka memasuki Jalur Gaza tanpa pelatihan yang diperlukan,” kata laporan itu.