Olahraga

Ada Ada Saja, Berikut Julukan Tim Peserta Piala Afrika 2023

×

Ada Ada Saja, Berikut Julukan Tim Peserta Piala Afrika 2023

Share this article

PERTANDINGAN putaran pertama fase grup telah selesai dilaksanakan. Dari laga pertama ada “gajah” yang mengalahkan “The Djurtus” (anjing liar), ketika Pantai Gading menang 2-0 atas Guinea Bissau di Grup A.

Atau sang raja The Pharaohs Timnas Mesir menghindari gigitan berbisa The Mambas Mozambik dengan hasil imbang 2-2 di Grup B.

Lalu dari Grup C, Indomitable Lions Kamerun yang memang tidak terkalahkan ketika menghadapi gajah The Syli National dari Guinea. Tertinggal 0-1, Kamerun memperlihatkan mereka adalah singa yang tidak tunduk kepada “gajah” dari Guinea.

Dari grup C pula, Lions of Teranga Senegal mengalahkan The Scorpions (kalajengking) Gambia dengan skor meyakinkan, 3-0.

memang memiliki sisi menarik, di antaranya adalah nama-nama lain dari para tim kontestan. Jika negara-negara banyak yang memilih nama sederhana, seperti Italia dengan “Azzurri” “si Biru” atau Jerman dengan Die Mannschaft (The Team), tidak demikian dengan kebanyakan tim dari negara .

Kebanyakan tim-tim asal negara Afrika menggunakan nama hewan atau binatang meski memang tidak semuanya.

Kisah atau cerita dalam bentuk fabel mungkin bisa menjadi analogi untuk menggambarkan pertarungan di Piala Afrika 2023 yang tengah berlangsung ini.

Di Grup C contohnya yang terdiri dari Senegal, Kamerun, Guinea, dan Gambia. Keempat negara ini berjulukan dengan nama-nama hewan.

Senegal dengan Lions of Teranga, Kamerun dengan The Indomitable Lions, Guinea punya nama The Syli (gajah), dan Gambia dengan The Scorpions (kalajengking).

Namun, tentu tidak semua negara-negara Afrika menggunakan nama hewan.

Di antara mereka ada yang menggunakan nama warisan sejarah atau nama dari kekayaan budaya mereka yang tujuannya adalah menginspirasi.

Berikut Ini Makna Julukan 24 Tim Kontestan Piala Afrika 2023:

1. Pantai Gading: Les Elephants (The Elephants)

Timnas Pantai Gading dijuluki Gajah (Sang Gajah). Hal ini karena gajah hewan yang paling banyak di Pantai Gading pada masa silam. Ini mencerminkan sifat nasionalis dan seruan kekuatan.

2. Nigeria: Super Eagles

Diambil dari Elang di lambang negara tersebut. Mereka bermetamorfosis dari Green Eagles menjadi Super Eagles setelah kalah dari Kamerun di 1988 yang membuat mereka tetap berdiri tegak dan membuat fans bangga.

3. Guinea Khatulistiwa: Nzalang Nacional (National Thunder)

Timnas Equatorial Guinea (Guinea Khatulistiwa) mengambil nama Nzalang Nacional sebagai julukan.

Nama yang diambil dari sebuah peristiwa badai petir yang terjadi di negara mereka. Badai ini bahkan diabadikan dalam puisi David Rubadiri, “Badai petir Afrika”.

4. Guinea-Bissau: Djurtus (Anjing Liar Afrika)

Anjing liar Afrika juga dikenal sebagai anjing pemburu. Anjing liar Afrika dihormati di beberapa masyarakat yang memiliki tradisi sebagai pemburu, seperti Guinea-Bissau.

5. Mesir: The Pharaohs

Berkaitan dengan orang Mesir kuno. The Pharaohs atau raja mesir yang menorehkan prestasi besar, seperti membangun Piramida yang merupakan salah satu keajaiban dunia. The Pharaohs Mesir bertujuan untuk memerintah negeri ini dengan kebijaksanaan dan strategi.

6. : Black Stars

Black Stars atau Bintang Hitam, mengambil dari bintang hitam di tengah bendera nasional Ghana. Asosiasi Ghana mengadopsi nama ini karena akan memupuk persatuan tidak hanya di negara ini, tetapi juga di seluruh benua.

7. Tanjung Verde: Tubaroes Azuis (Blue Shark atau Hiu Biru)

Hiu Biru, juga dikenal sebagai Hiu biru besar. Ini adalah spesies hiu yang ada di Tanjung Verde, yang menghuni perairan dalam di lautan beriklim tropis di dunia.

Tim ini juga punya nama lain yaitu “Kreol”, sebutan untuk keturunan campuran Eropa dan kulit hitam di Karibia. Luis Nani lahir di Praia, Tanjung Verde, namun dia bermain untuk Portugal.

Selain itu, ayah Henrik Larsson berasal dari Tanjung Verde meskipun Henrik bermain untuk Swedia.

8. Mozambik: The Mambas (Mambas Hitam)

Timnas Mozambik mempunyai nama ‘mamba hitam', ular paling berbahaya di dunia dan banyak gigitannya pada manusia mengakibatkan kematian.

Ular Mamba juga dikenal karena kecepatan dan kemampuannya mengalahkan siapa pun yang dianggap penyusup di wilayahnya.

9. Gambia: The Scorpions

Julukan ini tidak ada kaitannya dengan ciri dari negara Gambia. Nama The Scorpions diambil dari pilihan nama-nama yang diajukan publik sepak bola Gambia pada 1985.

10. Senegal: Lions de la Teranga (Lions of Teranga)

Julukan tidak selalu seram ada juga yang membuat senyum seperti Senegal ini. Teranga adalah bahasa dari Wolof, yang berarti keramahtamahan atau kemurahan hati saat menyambut.

Jadi, Senegal adalah Singa yang ramah. Teranga bukan sekadar sebutan, namun cerminan sifat masyarakat Senegal yang menerima tamunya dengan tangan terbuka.

Dan, sikap ini faktanya memang terlihat dalam pribadi kapten mereka, Sadio Mane.

11. Kamerun:The Indomitable Lions

Timnas Kamerun dijuluki Singa Indomitable yang berarti mustahil untuk ditundukkan atau dikalahkan. Tim ini awalnya dijuluki Singa karena Singa dianggap hewan paling penting dan kuat di negara ini.

Namun pada tahun 1972, julukan timnas diubah dan ditambahkan kata indomitable sehingga menjadi Indomitable Lions.