Kesehatan

Manfaat Makan Pedas untuk Kesehatan

×

Manfaat Makan Pedas untuk Kesehatan

Share this article

TIDAK semua orang menyukai pedas. Namun, tidak sedikit pula orang yang menyukai karena dinilai sebagai hal yang menyenangkan berkat sensasi yang muncul. Bahkan, sejumlah orang sengaja makan pedas karena dinilai bisa melepaskan rasa stres.

Meskipun bisa membuat , mengonsumsi makanan pedas ternyata memberikan banyak manfaat untuk .

Apa saja? Berikut rangkumannya, melansir dari Healthline dan Cleveland Clinic.

1. Membantu Berumur Panjang

Menurut studi yang dilakukan oleh Harvard dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China pada 2015, mengonsumsi makanan pedas selama enam atau tujuh hari dalam seminggu mampu menurunkan angka kematian sebesar 14 persen.

Serupa dengan penelitian di atas, sebuah studi dari University of Vermont menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi cabai memiliki risiko kematian 13 persen lebih rendah.

Para peneliti menemukan, para pecinta kuliner pedas berpotensi rendah mengalami kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Selain itu, makanan pedas dinilai dapat meningkatkan kesehatan jantung karena membantu memecah lemak yang terkandung di dalam makanan. Sejumlah penelitian bahkan menunjukkan bahwa makanan pedas dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe dua.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Data dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa sejumlah rempah, seperti jinten, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan laju metabolisme dan memperlambat nafsu makan.

Sebagian besar penelitian terkait makanan pedas yang berfokus pada capsaicin, yakni senyawa yang memberi rasa pedas pada cabai, menemukan bahwa capsaicin meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan membakar energi.

Tidak hanya itu, capsaicin juga dinilai mampu mengendalikan nafsu makan seseorang melalui kinerja di salah satu bagian otak, hipotalamus.