Politik

Indikator Indikasikan 10 Partai Berikut Tak Lolos PT, Delapan Diantaranya Masih Nol Koma

×

Indikator Indikasikan 10 Partai Berikut Tak Lolos PT, Delapan Diantaranya Masih Nol Koma

Share this article

BERBENAH, ya hanya berbenah yang akan membuat politik bisa berubah. Sebab, survei terbaru menunjukkan 10 partai terancam tidak lolos ambang batas parlemen 4 persen dan gagal masuk DPR di .

Beberapa partai yang dimaksud yaitu PPP dengan elektabilitas 2,8. Kemudian di bawahnya ada PSI dengan 1,4 persen. Capaian ini lebih rendah dari survei pada bulan lalu, PSI saat itu memperoleh 2,4 persen.

Delapan partai lainnya, bahkan masuk dalam kelompok . Partai tersebut adalah (0,9 persen), (0,4 persen), (0,4 persen), PBB (0,1 persen), Partai Gelora (0,3 persen), Partai Buruh (0,1 persen), (0 persen), dan PKN (0 persen).

Sementara itu, menjadi partai yang paling banyak dipilih dengan elektabilitas 20 persen.

Namun, capaian itu masih bisa disalip oleh . Sebab, capaian elektabilitas PDIP dan Gerindra tidak terpaut jauh. Elektabilitas Gerindra yakni 18 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, elektabilitas Gerindra lebih tinggi dari PDIP dalam beberapa hasil survei lembaga lain. Terutama, jika survei itu dilakukan lewat telepon.

“Survei telepon itu mengecualikan 17 persen warga yang tidak punya HP. Umumnya yang tidak punya hp agak bias ke PDIP,” kata Burhanuddin dalam siaran pers daringnya, Kamis (18/1).

“Kalau survei telepon merugikan PDIP. Kalau pakai survei tatap muka PDIP masih sedikit di atas Gerindra,” lanjutnya.

Burhanuddin menilai tren elektabilitas PDIP memang cenderung mengalami penurunan. Sebaliknya, Gerindra justru merangkak naik.

Dia berpendapat hal itu dapat mempengaruhi pertarungan kedua partai itu di Pilpres 2024. Menurutnya, PDIP harus berhati-hati karena bisa jadi PDIP kalah jika elektabilitas partai terus turun.

“Tren tetap turun untuk PDIP tetapi selisihnya dengan Gerindra dalam margin of error,” ujarnya.