Tips

Telinga Anda Selalu Berdengung? Begini Cara Menghilangkannya

×

Telinga Anda Selalu Berdengung? Begini Cara Menghilangkannya

Share this article

KERAP kali telinga kita berdengung tanpa sebab, hal ini tentu saja sangat mengganggu. Penyebab telinga berdengung tidak diketahui secara pasti, namun sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran dan masalah lainnya, seperti diabetes dan depresi.

Dengung yang muncul di telinga umumnya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius karena bisa hilang dengan sendirinya. Namun, telinga berdengung terus-menerus perlu diatasi secara medis, mulai dari membersihkan kotoran telinga, menggunakan alat bantu dengar, hingga melakukan konseling.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara menghilangkan dengung di telinga secara alami dan secara medis berikut ini.

Dilansir dari NHS, tinnitus atau telinga berdengung membuat Anda mendengarkan suara tertentu yang tidak berasal dari luar.

Kondisi ini umumnya bukan masalah kesehatan yang serius dan bisa membaik dengan sendirinya. Tinnitus bisa muncul di salah satu telinga, di kedua telinga, atau di dalam kepala.

Beberapa orang akan mendengar suara di saat-saat tertentu, namun beberapa yang lainnya akan mendengarkan suara berdengung secara terus-menerus.

Disarikan dari Mayo Clinic dan NHS, ada beberapa cara menghilangkan dengung di telinga secara alami yang bisa dicoba, seperti:

  • Menggunakan pelindung telinga untuk mengurangi paparan suara yang keras dan mencegah kerusakan saraf di dalam telinga
  • Mendengarkan lagu atau musik dengan volume yang rendah, khususnya jika menggunakan earphone
  • Memutar white noise atau bunyi yang menenangkan ketika suasana terlalu sepi, seperti dari kipas angin, musik yang lembut, atau suara radio
  • Membatasi konsumsi minuman beralkohol, kafein, dan nikotin, karena bisa berdampak negatif pada aliran darah sehingga memperburuk kondisi yang dialami
  • Mencoba untuk rileks dengan melakukan latihan pernapasan atau yoga
  • Mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidur, termasuk dengan melakukan rutinitas khusus sebelum tidur
  • Melakukan kegiatan lain, seperti hobi, sehingga tidak terfokus dengan suara berdenging yang muncul.

Cara-cara di atas bisa melindungi pendengaran sehingga dapat menyembuhkan telinga berdenging terus-menerus atau mengurangi gejala yang muncul.