Berita

Masjid Raya Ikur Koto Jadi Lokasi Perdana Kegiatan PMC

×

Masjid Raya Ikur Koto Jadi Lokasi Perdana Kegiatan PMC

Share this article

BuliranNews, PADANG – Siaran Pers DPC Peradi Kota Padang dengan No. 038/I/SP-PDG/2024, menjadi acuan untuk dilaksanakannya, kegiatan Peradi Meets Catin (PMC).

Untuk diketahui, PMC merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Dewan Pimpinan Cabang dengan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Wilayah Sumatera Barat yang ditandatangani pada Rabu 13 September 2023 yang lalu.

Kegiatan PMC perdana diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama, bertempat di Raya Ikur Koto Koto Tangah Padang, Selasa 16 Januari 2024 sekitar pukul 9.30 WIB.

PMC merupakan salah satu ikhtiar Peradi Cabang Padang untuk membangun masyarakat taat hukum dan bekerja sama dengan APRI Wilayah Sumatera Barat.

Ketua DPC Peradi Padang , PhD menyampaikan bahwa materi yang disampaikan dalam PMC adalah hukum tentang penghapusan sebagaimana yang termaktub di dalam Undang Undang No. 23 Tahun 2004.

“Kepada para calon pengantin kita ingatkan sejak awal atau sebelum mereka menikah terkait konsekuensi dari tindak pidana kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga,” jelasnya

Miko berharap, dengan diingatkan sejak awal konsekuensi hukum dari tindak kekerasan dalam rumah tangga, para calon pengantin yang akan memulai hidup berkeluarga tidak akan melakukannya atau menghindari terjadinya kekerasan terhadap pasangannya.

“Ancaman pidana bagi pelaku kekerasan dalam rumah tangga cukup berat. Menurut Pasal 44 ayat (1) UU No. 23/2004, seseorang yang melakukan kekerasan fisik kepada pasangannya dapat dihukum penjara paling lama 5 tahun penjara atau denda paling banyak 15 juta rupiah,” kata Miko menjelaskan.

Miko yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Alumni SMA Negeri 7 Padang itu menambahkan, berdasarkan rilis Kasi Kepenghuluan Kanwil Kementerian Agama Sumbar, sepanjang tahun 2021 terjadi sebanyak 9.364 kasus.