Breaking News

Dalam Satu Liter Air Mineral Botol Ditemukan Sebanyak 240 Ribu Serpih Plastik

×

Dalam Satu Liter Air Mineral Botol Ditemukan Sebanyak 240 Ribu Serpih Plastik

Share this article

INI tentunya menjadi kabar yang mengerikan bagi kita yang biasa mengkonsumsi . Sebab, dari sebuah penelitian ditemukan sebanyak 240 ribu dari setiap liter air mineral botol.

Untuk diketahui, adalah limbah plastik yang paling sulit dideteksi tetapi dengan dampak lingkungan dan yang paling parah. Ukurannya 100 nanometer atau 1 per 100 dari lebar rambut manusia.

Smithsonian Magazine menyatakan sebuah penelitian baru menggunakan metode baru untuk mendeteksi jumlah partikel plastik lebih akurat.

Ukuran nanoplastik yang sangat kecil sulit dideteksi dalam penelitian karena mereka tidak mengeluarkan “sinyal” apapun. Studi baru menggunakan teknik yang diberi nama “stimulated Raman scattering microscopy” yaitu dengan mengarahkan dua laser ke sampel dan nanoplastik.

Metode baru ini ditemukan oleh Wei Min, seorang ahli kimia dari Columbia Unversity dan penulis laporan soal jumlah nanoplastik di air mineral.

Pancaran dua sinar laser tersebut membuat partikel beresonansi. Kemudian, peneliti mencatat ciri khas energi yang muncul dari vibrasi atom plastik untuk mendeteksi kehadiran partikel yang sama di media lain. Bahkan, mereka bisa memastikan ukuran dan bentuk fragmen plastik berdasarkan getaran cahaya.

Seluruh proses tersebut membutuhkan waktu dua jam per satu sampel, sepuluh kali lebih cepat dari metode sebelumnya.