Breaking News

100 Hari Perang Gaza: 23.843 Korban Tewas

×

100 Hari Perang Gaza: 23.843 Korban Tewas

Share this article

antara dan Kelompok Palestina di Jalur sudah memasuki hari ke-100, sejak pertama kali pecah pada 7 Oktober 2023. Laporan terakhir dari Aljazeera, sebanyak 23.843 orang di Gaza tewas hingga hari ini, dikutip Minggu (14/1).

Dalam 100 hari terakhir, warga Gaza telah kehilangan keluarga, sahabat, tempat tinggal, serta hak hidup secara bebas tanpa kegelisahan menghadapi ancaman maut setiap detik.

Infrastruktur di Gaza porak-poranda. Rumah sakit dibombardir, jaringan telekomunikasi diputus, tak ada akses ke air bersih dan yang semestinya menjadi kebutuhan pokok sehari-hari.

Konflik antara Israel dan Palestina dimulai sejak 1917, ketika pemerintah Inggris mendirikan rumah nasional untuk kaum di Palestina. Migrasi besar-besaran itu mendapat pertentangan dari . Sejak saat itu, Israel terus memperluas wilayah kekuasaannya melalui serangan dan kekerasan.

Kembali ke 100 hari yang meletus sejak 7 Oktober 2023, kini wilayah utara dan pusat Gaza membutuhkan 1.300 truk makanan setiap hari. Sebelum perang, rata-rata 2.000 truk makanan masuk ke jalur Gaza melalui perbatasan Rafah di area selatan.

Dalam tiga bulan terakhir, jumlah itu terus menyusut dan memperburuk krisis kemanusiaan di Gaza. Hampir separuh penduduk wilayah tersebut menghadapi kelaparan.