Berita

Mana Saja Kota Terkaya di Indonesia? Berikut Deretannya

×

Mana Saja Kota Terkaya di Indonesia? Berikut Deretannya

Share this article

SEMUA masyarakat pasti mengetahui secara pasti, Indonesia adalah salah satu negara yang berada di kawasan Tenggara dengan pendapatan ekonomi terbesar.

Tentunya predikat ini bisa didapatkan oleh Indonesia karena Indonesia memiliki beberapa kota yang memberi kontribusi dalam menyokong perekonomian nasional.

Pengelompokkan kota- di Indonesia ini berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Dimana PDRB ini merupakan suatu metrik yang dipakai untuk menghitung atau mengukur tingkat kemakmuran dari suatu wilayah.

Selain itu PDRB per kapita yang menunjukkan nilai tambah bruto yang dihasilkan dari berbagai sektor perekonomian di daerah tersebut.

Lalu kota mana saja di Indonesia yang masuk daftar terkaya? Jika merujuk pada riset dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 :

1. Kediri

Banyak yang tidak menyangka bahwa kota Kediri justru menduduki peringkat pertama sebagai kota terkaya di Indonesia di tahun 2020.

PDRB per kapita dari kota di wilayah Jawa Timur ini mencapai Rp457,98 juta dimana kontribusi ekonomi terbesarnya berasal dari industri tekstil dan garmen.

2. Bontang

Di urutan kedua, kota terkaya di Indonesia adalah Bontang yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Bontang memiliki PDRB per kapita sekitar Rp312,14 juta dengan sektor perekonomian utama kebanyakan dalam bidang tambang.

Seperti petrokimia, energi, gas bumi, dan juga migas serta Bontang dijadikan lokasi oleh banyak di bidang eksploitasi Sumber Daya Alam.

3. Jakarta

Dikenal sebagai kota metropolitan dan berstatus sebagai ibu kota Indonesia, rupanya Jakarta menempati peringkat ketiga sebagai kota terkaya.

PDRB per kapita dari kota ini sekitar Rp260,44 di tahun 2020, yang berasal dari berbagai bidang ekonomi seperti perdagangan, perusahaan, jasa keuangan, pariwisata, hingga sektor infrastruktur mulai dari bandara hingga lainnya.

4. Cilegon

Selanjutnya ada Kota Cilegon sebagai kota terkaya nomor 4 di Indonesia dengan PDRB per kapita mencapai Rp233,02 juta.

Cilegon dikenal dengan pusat industri dan juga manufaktur yang berkembang pesat dan jadi sumber ekonomi utama di kota ini.

5. Surabaya