Berita

Nagari Magek Awali Tahun 2024 dengan Sosialisasi Stunting

×

Nagari Magek Awali Tahun 2024 dengan Sosialisasi Stunting

Share this article

BuliranNews, LUBUK BASUNG– Nagari Magek yang berada di Kamang Magek, , Sumatera Barat, mendapat kehormatan menjadi daerah yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan yang pertama di Sumatera Barat di tahun 2024 ini.

Anggota Komisi IX DPR RI yang berasal dari Gerindra, didampingi Fatmawati selaku kepala perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (10/1) menggelar sosialasi penanggulangan stunting di daerah tersebut.

yang berisikan penyuluhan dan pencegahan stunting itu digelar di halaman kantor walinagari Magek dengan dihadiri ratusan warga setempat.

Fatmawati sebagai kepala perwakilan mengatakan, angka stunting di Kabupaten Agam diharapkan turun secara signifikan.

“Angka stunting di Kabupaten Agam saat ini, masih di atas 20 %, meski angka tersebut masih ditolerir oleh World Health Organization (WHO) dengan melihat status gizi balita di suatu wilayah, namun saya berharap ke depan angkanya menjadi zero atau nol,” kata Fatmawati menjelaskan tekadnya.

Untuk menutupi jendela stunting tersebut, menurutnya stakeholder yang terdiri dari pendamping keluarga seperti bidan, kader pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga(PKK), serta kader Keluarga Berencana (KB) harus mengawal 1.000 hari pertama , mulai dari ketika sel sperma bertemu sel telur, kemudian terjadi konsepsi, sampai terjadinya kehamilan.