Militer

Mengenal Pasukan Elit di Tubuh TNI

×

Mengenal Pasukan Elit di Tubuh TNI

Share this article

TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI), yang terdiri dari tiga matra yaitu Angkatan Darat (AD), (AL) dan Angkatan Udara (AU), dikenal memiliki beberapa seperti Kopassus, Denjaka hingga Kopaska yang membuat negara lain menjadi ciut.

Berikut beberapa yang bikin negara lain ciut, dilansir dari berbagai sumber:

1. Kopassus

Kopassus atau yang dikenal sebagai Baret Merah merupakan salah satu pasukan elit TNI yang sangat disegani oleh oleh dunia. Untuk masuk kesatuan tersebut harus memiliki kemampuan diatas rata-rata dan siap membela Tanah Air.

Seperti diketahui, untuk menjadi Kopassus bakal menjalani hari-hari dengan latihan cukup berat serta metal kuat. Pasalnya mereka merupakan gardan paling depan jika Indonesia terjadi sesuatu.

2. Denjaka

Detasemen Jalamangkara atau yang dikenal sebagai Denjaka merupakan salah satu pasukan elit yang dimiliki TNI.

Untuk menjadi anggota Denjaka sangatlah tidak mudah, para anggota harus memiliki kemampuan renang yang lebih rata-rata.

Pasalnya Denjaka dibentuk untuk melindungi segala ancaman yang berada di laut seperti ancaman dari negara lain yang melintasi perbatasan laut Indonesia

3. Kopaska

Kopaska atau yang dikenal sebagai Pasukan Katak, ini juga merupakan salah satu pasukan elit yang dimiliki TNI. Para anggotanya dituntut untuk melakukan latihan keras hingga titik penghabisan.

Dilansir wikipedia, pasukan tersebut dibentuk pada 31 Maret 1962. Komando Pasukan Katak biasa mengemban tugas operasi rahasia seperti, Operasi Amfibi, Operasi Khusus dan dukungan-dukungan lain guna memperlancar Operasi-operasi TNI Angkatan Laut.