Politik

Debat Capres Jilid Dua Hadirkan Sebelas Panelis, Berikut Daftarnya

×

Debat Capres Jilid Dua Hadirkan Sebelas Panelis, Berikut Daftarnya

Share this article

PENYELENGGARA pemilu dalam hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Minggu (7/1) kembali akan menyelenggara debat calon presiden jilid dua.

Dalam pengumumannya, KPU menyebutkan akan ada 11 anggota tim panelis yang bertugas menyusun pertanyaan untuk gelaran yang mempertemukan para capres. Dari 11 nama itu, dua di antaranya merupakan pengajar di Universitas Pertahanan (Unhan).

Keduanya adalah Dr. Kusnanto Anggoro yang merupakan pakar keamanan dari Unhan, dan Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marseti yang merupakan Ketua Dewan Guru Besar Unhan dan pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI (KSAL) 2012-2014.

Unhan diketahui, Unhan merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Pertahanan. Adapun , adalah Menteri Pertahanan aktif.

Komisioner August Mellaz mengatakan, KPU memilih panelis berdasarkan kompetensi. Komisi pemilihan tak melihat keterkaitan Unhan dengan Kemenhan yang dipimpin Prabowo.

“Yang kita ambil (sebagai panelis) kan bukan masalah itu, kita ambil kompetensinya,” kata Mellaz kepada wartawan ketika ditanya mengapa memilih panelis dari Unhan, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024).